Download data dari GPS Garmin


MUNGKIN bagi sebagian orang pemakai GPS (Global Positioning System) merk Garmin bertanya-tanya bagaimana caranya untuk memindahkan track dan waypoints yang telah diambil di lapangan ke dalam komputer. Hal ini cukup simple dengan menggunakan aplikasi Garfile yang dapat diunduh secara gratis dari sini.

Perlu diketahui, bahwa aplikasi garfile yang baru sudah mendukung port USB, sebelumnya hanya mendukung port COM. Jadinya sangat memudahkan bagi pengguna GPS Garmin terbaru yang saat ini kebanyakan sudah menggunakan port USB. Selain itu sangat memudahkan bagi pengguna notebook untuk selalu meng-update datanya dari GPS Garmin.

Sebelum dilakukan download data, pastikan dalam GPS Garmin telah terdapat data yang akan di-download. Setelah itu persiapkan kabel konektor GPS Garmin dengan komputer, dan hubungkan konektor kabel tersebut pada CPU komputer. Pastikan setting komputer dapat mengenali GPS Garmin yang terhubung dengan komputer. Salah satunya adalah dengan memastikan fasilitas atau setting di GPS Garmin dalam posisi “GARMIN”. Hal ini perlu benar-benar diperhatikan untuk memastikan data dapat di-download dari GPS ke komputer.

Cara menggunakan aplikasi Garfile sangat simple sekali. Setelah aplikasi itu didownload dari internet dan GPS Garmin dihubungkan dengan kabel konektor ke komputer, jalankan aplikasi ini seperti biasa, maka akan muncul jendela seperti ini :

Cek Koneksi GPS ke Komputer

Cek Koneksi GPS ke Komputer

Setelah muncul jendela seperti di atas, pilih koneksi yang dipakai. Bagi yang memakai koneksi USB klik di tombol drop down Serial Interface dan pilih USB. Dan bagi yang menggunakan koneksi COM, pilih koneksi COM1, COM2 ataupun COM3 yang sesuai dengan jenis koneksinya. Setelah itu cek perangkat apa memang sudah terhubung dengan komputer atau tidak. Cara mengeceknya adalah dengan mengklik Defice Info, apabila memang sudah terhubung dan jenis koneksinya benar maka akan memunculkan serangkaian angka, dan jika tidak akan muncul pesan error.

Download Waypoints

Download Waypoints

Langkah selanjutnya adalah memilih jenis data yang akan didownload apakah berupa waypoint atau berupa track. Apabila berupa waypoint, maka klik menu drop down pada Object Type ambil Point/Symbol kemudian dilanjutkan dengan mengklik Download Waypoints. Selanjutnya apabila muncul pertanyaan jawab saja No dan kemudian simpan file hasil download tadi dengan nama khusus untuk mencirikan bahwa dia berupa file Point.

Download Track

Download Track

Sedangkan untuk mendownload Track, langkah yang perlu dilakukan adalah dengan mengganti menu drop down dalam Object Type ke dalam Line/Polyline. Selanjutnya klik Download Trac Log(s) dan apabila ada pertanyaan jawab saja No, dan simpan file hasil download tersebut dengan kode khusus yang menunjukkan bahwa file tersebut adalah file Track.

Setelah data berhasil disimpan ke dalam komputer, untuk memanfaatkan data tersebut ke dalam program MapInfo adalah dengan mengexport data tersebut dari ekstensi MapInfo MIF ke dalam extensi MapInfo Tab. Untuk selanjutnya data tersebut bisa diolah lebih lanjut dengan menggunakan program MapInfo.

Demikian sedikit tips dan trick dalam mendownload data dari GPS Garmin ke Komputer.

About these ads

8 Komentar to “Download data dari GPS Garmin”

  1. terima kasih pak, ijin download..

  2. kok alamat unduh file garfile not found ya, ada alamt lainkah untuk mengunduhnya, terima kasih

    • Iya memang kelihatannya sudah gak bisa diunduh lagi…. saya sudah coba searching gak ada lagi alamat yang lain untuk mengunduh file tersebut… Ya terpaksa mas coba pakai alternatif lain deh… he.. he…

  3. aku ijin download garfile ya bos…msh di papua kah…

  4. tolong aku ijin download garfilenya kang.mkasih bantuannya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.003 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: