Jepretan: Makam Mbah Wiralodra Dermayu


SEPERTI yang sudah saya ceritakan dalam tulisan sebelumnya, lebaran Idul Adha ini saya habiskan di kampung halaman saya di Kandanghaur. Nah, pas hari H nya setelah selesai sholat Jum’at, saya dan adik-adik menyempatkan diri untuk “nyekar” atau ziarah ke makam Ibunda kami yang tercinta di Komplek Pemakaman Mbah Wiralodra di Kota Indramayu. Berikut hasil jepretan saya.

Sebelumnya saya minta maaf karena hasilnya menurut saya kurang bagus dikarenakan mau saya “enhancement” cuma berhubung saya gunakan laptop jadi warna yang dihasilkan malah menipu. Maklum laptop yang saya gunakan masih LCD belum memakai layar LED yang katanya kualitasnya tidak kalah dengan CRT.

Komplek Pemakaman Mbah Wiralodra tampak dari depan

Tampak dalam foto adalah komplek Pemakaman Mbah Wiralodra tampak dari pintu gerbang depan. Komplek pemakaman ini adalah komplek pemakaman setelah dilakukan pemugaran. Sebelumnya tidak tampak seperti ini. Makam sebelumnya seperti makam-makam kuno dengan ukuran yang panjang. Saya pribadi tidak mengetahui apakah memang orang-orang dulu bertubuh tinggi-tinggi atau memang ukuran makamnya yang sengaja dipanjangkan,

Keluarga adik-adik saya baru tiba di makam

Nah, foto di atas memperlihatkan keluarga adik-adik saya baru tiba di makam.

Komplek Makam Utama dilihat dari sudut yang berbeda

Di komplek Makam Utama inilah dimakamkan Mbah Wiralodra dengan pengawalnya.

Melepas lelah sejenak

Melepas lelah...

Berhubung dari tempat berhentinya Helep (Angkot atau Oplet), komplek makam ini masih jauh lagi jarak tempuhnya, maka kami menaiki becak untuk mencapai komplek makam ini. Otomatis karena panas dan sebagainya, melepas lelahnya jadi memakan waktu yang lumayan lama.

Pemakaman Keluarga

Foto di atas memperlihatkan pemakaman keluarga, di sana ada makam Mbah Abah (kakek saya), Mbah Emi (nenek saya), Emak (ibu saya), dan makam-makam keluarga saya yang lain. Makam ini pada Idul Fitri kemaren baru saja dipindahkan dari tempat sebelumnya yang berada di seputaran tengah-tengah komplek.

Makam Mbah Wiralodra

Makam Ki Tinggil, pengawal Mbah Wiralodra

Nah inilah makam utama, yaitu makam Mbah Wiralodra dan Ki Tinggil pengawalnya. Makam-makam keturunan Mbah Wiralodra selanjutnya berada di belakang dari makam utama ini.

Makam keluarga Mbah Wiralodra

Makam keluarga Mbah Wiralodra

Makam keluarga Mbah Wiralodra dari jarak dekat

Makam keluarga Mbah Wiralodra dari jarak dekat

Makam keluarga Mbah Wiralodra diambil satu per satu

Makam keluarga Mbah Wiralodra diambil satu per satu

Makam keluarga Mbah Wiralodra diambil satu per satu

Makam keluarga KH Masduki MZ

Inilah makam keluarga KH Masduki MZ (kakek saya). Makam ini rencananya akan dilakukan pemugaran dengan mengikuti tema dari pemugaran makam Mbah Wiralodra. Saat ini kondisi makam masih seadanya.

Adik bungsuku dan anaknya

Demikianlah hasil  jepretan saya seputar komplek pemakaman keluarga Mbah Wiralodra di Sindang Indramayu.

Selamat menikmati…..

Satu komentar to “Jepretan: Makam Mbah Wiralodra Dermayu”

  1. salam kenal wong eretan, blog’e qt mah isie olih nyolong kabeh. maklum kang, wong gaptek lg belajar internet.

Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.003 pengikut lainnya.

