Cara Install Peta Navigasi.net ke dalam GPS Garmin


MUNGKIN beberapa orang belum mengetahui cara untuk memasukkan peta Navigasi.net ke dalam GPS merk Garmin. Di sini saya akan menjelaskan langkah-langkah yang paling simple untuk memudahkan para pemilik Garmin dalam menambahkan peta selain peta bawaan dari Garmin berupa Peta City Navigator.

Langkah awal adalah Anda diharuskan mendownload peta Navigasi.net dari website nya pada alamat : http://www.navigasi.net/goptd.php sehingga muncul tampilan seperti ini

Dari gambar di atas selanjutnya Anda klik yang sudah ter-highlight dengan warna hijau, maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini.

Dari gambar di atas Anda tinggal memilih, jika Anda memiliki koneksi internet yang cepat dan stabil maka Anda bisa memilih salah satu dari Server Download yang saya highlight dengan warna hijau. Tapi jika koneksi internet Anda lelet dan tidak stabil, maka Anda bisa memilih salah satu Server Download yang saya highlight kuning. Saya sarankan menggunakan program pendownload seperti IDM (Internet Download Manager), agar download file bisa lebih cepat dan terhindar dari kemungkinan terhentinya download di tengah jalan ketika koneksi internet tidak stabil.

Selanjutnya nanti Anda akan diarahkan untuk melakukan download dari server tersebut. Dan hasil dari download tersebut adalah file berekstensi exe dengan nama file : [navnet_Garmin_v223-NT.exe] seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini dimana file hasil download saya highlight dengan warna hijau.

Sedlanjutnya Anda tinggal meng-ekstrak file tersebut dengan cara klik 2 kali file tersebut atau klik kanan file tersebut lalu pilih [Run as administrator] seperti yang tampak pada gambar di bawah ini.

Maka setelah melakukan langkah tersebut akan muncul jendela sebagai berikut :

Muncul jendela [Setup – Free Indonesia Map for Garmin NT] Anda tinggal klik [Next>] yang akan mengarahkan Anda ke jendela berikutnya.

Muncul jendela [License Agreement], Anda tinggal pilih [I accept the agreement] selanjutnya klik [Next>] dan akan muncul jendela berikutnya.

Dari gambar di atas Anda bisa memilih apakah akan memasukkan peta ke dalam MapSource sebagai program bawaan Garmin yang diinstall ke dalam PC atau membuat file [gmapsupp.img] atau Anda bisa memilih kedua-duanya. Jika Anda tidak memiliki program MapSource, maka sebaiknya Anda memilih atau mencontreng [Create Garmin Map (GMAPSUPP.IMG)], karena file itulah nantinya yang akan masuk dan dibaca dalam GPS Garmin. Dari gambar di atas, Saya memilih pilihan yang kedua, selanjutnya tekan [Next>] maka akan muncul jendela berikutnya.

Pada gambar di atas hal yang perlu diperhatikan dan diingat adalah posisi dari penempatan peta itu di folder apa. Anda harus mengingat posisinya untuk memudahkan anda nantinya meng-copy peta tersebut ke perangkat GPS Anda. Terlihat dari windows di atas posisi peta di arahkan ke [c:\MyMaps\navigasi\v223]. Selanjutnya Anda pilih juga [Full customize] dan berikutnya Anda klik [Next>] hingga muncul jendela seperti terlihat di bawah ini.

Dari gambar di atas Anda tidak punya pilihan lain selain mengklik [Install] jika ingin melanjutkan atau mengklik yang lainnya jika tidak ingin melanjutkan atau kembali ke windows sebelumnya.

Selanjutnya Anda klik [OK] untuk melanjutkan ke windows berikutnya.

Klik [Finish] sebagai tanda telah selesainya instalasi peta ke dalam komputer PC. Langkah selanjutnya adalah anda buka [Windows Explorer] dan arahkan ke tempat dimana file tadi di simpan, yaitu ke [c:\MyMaps\navigasi\v223].

Langkah selanjutnya Anda tinggal meng-copy-kan file [gmapsupp.img] ke dalam folder [Garmin] pada SD Card yang ada pada perangkat GPS Garmin Anda. Jika di dalam SD Card perangkat GPS Anda sudah ada file [gmapsupp.img], maka Anda back up terlebih dahulu file yang lama dengan membuat folder [BackUp] di dalam SD Card Anda dan copy kan file tersebut ke sana. Untuk selanjutnya Anda tinggal mem-paste-kan saja file [gmapsupp.img] yang baru dengan cara replace file yang lama di dalam folder [Garmin] pada SD Card perangkat GPS Anda.

Langkah berikutnya adalah menghidupkan GPS Garmin Anda, dan voila…. peta Navigasi.net yang terbaru sudah tampil dalam perangkat GPS Garmin Anda.

Semoga tutorial ini membantu Anda untuk mengupdate perangkat GPS Garmin Anda.

 

Pekanbaru, 02 Mei 2012

About these ads

4 Komentar to “Cara Install Peta Navigasi.net ke dalam GPS Garmin”

  1. sore pak, saya punya 2455LM. Saya cari program gmapsupp.img di unit garmin tsb, tapi tdk menemukannya.
    Mohon bantuan dan arahannya.
    terima kasih,
    Dendy

  2. tolong tanya, apakah betul memang ada 2 cara untuk meng-install peta dari navigasi.net ke dalam perangkat Garmin, yaitu cara yang Anda sebutkan di artikel ini dan satu lagi yang memakai software MapSource?
    Kalau memang betul demikian, apa perbedaan di antara kedua cara tersebut dan apa pengaruhnya ke hasil akhir?

    terima kasih

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.005 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: