MacBook Pro 13″, keinginanku saat ini…


MacBook Pro 13"... my dreams

MacBook Pro 13"... my dreams

SUDAH beberapa hari ini saya mengimpi-impikan bisa memiliki salah satu produk dari Apple Incorporated, yaitu MacBook Pro 13”. Apa yang membuat saya tergila-gila dengan produk ini?

1. Karena produk ini menggunakan system operasi bukan windows, dan saya ingin sekali meng-explore lebih jauh lagi system operasi ini. Kabarnya system operasi ini bermula dari bahasa UNIX yang mana diklaim lebih aman dan stabil dari pada yang digunakan oleh Windows. Selain itu OS ini juga diklaim mudah dalam penggunaan, terutama di bidang foto dan video yang merupakan salah satu hal yang saya sukai.

2. Terus terang bisa dibilang saya ini sudah “bosen” menggunakan OS yang ada, dari Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Mandriva, Open Suse, dll. Semuanya sudah pernah saya coba. Dan saya acungi jempol untuk Window XP atas kompatibilitasnya terhadap program-program yang ada. Dan saya acungi jempol juga untuk Windows Vista dan Windows 7 atas tampilan grafis dan pengenalan driver computer. Tapi saya kurang menyukai menggunakan Linux, mungkin dikarenakan saya orang awam di bidang computer, dimana dengan Linux banyak driver yang tidak dikenali dan program yang saya butuhkan tidak bisa jalan di program ini. Sedangkan untuk MacOS X sama sekali saya belum pernah mencobanya… makanya ngiler nih.

3. Casing atau bentuk dari MacBook Pro ini … weleh… weleh… stylish banget, jadi ngiler untuk kedua kali nih. Dengan bahan allumunium unibody dimana lempengan allumunium ini bukannya dipress, tapi kayak dibor mengikuti bentuk yang diinginkan. Otomatis dari segi kekuatan dan daya tahan lebih oke. Dan dari segi design benar-benar sesuai dengan selera saya, dimana saya sangat menyukai desain yang modern dan minimalis. MacBook Pro begitu simple designnya, tapi tetap mempertahankan modernitas dalam produknya. Dengan casing allumunium silver dipadu dengan strip hitam dan keyboard hitam, perpaduan silver dan hitam ini sangat pas menurut pendapat saya. Kesannya jadi benar-benar modern.

4. Adanya i-Photo salah satu program yang ada pada MacOS X Leopard yang menurut saya adalah benar-benar program yang sangat inovatif. Saya sudah pernah melihat demo tutorialnya dari website apple langsung, dimana dalam program ini dari foto-foto yang kita miliki bisa semacam ditata berdasarkan face recognition, yang nantinya ini bisa digunakan juga sebagai foto pada address book kita. Selain itu system pengenalah wajah seperti hanya di facebook ternyata sudah lebih dulu diadopsi oleh i-photo, dimana dalam foto kita bisa membuat tag dengan nama sesuai dengan wajah yang tertera dalam foto. Benar-benar ini yang saya butuhkan.

5. Adanya kemudahan langsung untuk saling bertukar informasi dari MacBook ke internet. Maksudnya dengan menggunakan MacBook kita lebih dimudahkan lagi untuk misalnya membuat blog, mengupdate status di facebook dan lain-lain. Dan ini satu hal lagi yang benar-benar saya butuhkan. Dimana salah satu programnya, yaitu i-Work begitu kaya akan template-template untuk blog, sehingga kita tinggal drag and drop saja foto yang dibutuhkan untuk blog terus kita tinggal ketik apa yang ingin kita ketik dan tinggal klik sudah masuk langsung ke blog kita sendiri. Benar-benar inovatif banget.

6. Adanya fasilitas dalam salah satu programnya untuk membuat album foto dengan template-template yang menarik yang sudah disediakan. Yang ini saya sudah melihat demonya dan sangat bagus sekali. Saya sangat terkesan dengan program ini.

7. Dan hal yang benar-benar saya butuhkan adalah kemudahan dalam transfer video, membuat video sendiri, dan membuat video dari kumpulan foto yang saya miliki. Ini semua sudah benar-benar di-support oleh sebuah MacBook Pro 13”. Bayangkan, produk video yang nantinya kita hasilkan sudah memiliki standar H264, standar untuk format high definition, apa tidak benar-benar mantap namanya. Hasil video yang nantinya dihasilkan bakalan bening, bagus dan benar-benar tidak mengecewakan. Selama ini saya menggunakan software Sonic bawaan dari laptop Compaq untuk membuat video dari kumpulan foto-foto yang saya miliki. Saya burn ke dalam DVD sesuai dengan format DVD yang ada. Cara seperti itulah yang membuat hasil videonya yang menurut saya agak lumayan apabila dibandingkan dengan di-burn menjadi VCD yang hasilnya menurut saya benar-benar hancur kualitasnya.

8. VGA dan layar di laptop yang saat ini saya miliki benar-benar tidak bisa dipercaya untuk gradasi warnanya. Kadang-kadang hasil foto yang saya olah dengan laptop yang saya miliki ketika saya lihat menggunakan computer di kantor benar-benar jauh dari yang saya inginkan, padahal tampilannya di laptop sudah benar-benar oke menurut saya. Dan…. MacBook Pro kabarnya menawarkan layar dan VGA yang benar-benar oke sehingga foto apapun yang kita edit nanti bakalan gak jauh beda ketika kita lihat di computer nanti.

9. Saya memiliki computer di kantor dengan spesifikasi Intel Core 2 Duo E6600 dan VGA Card 512 MB. Baru-baru ini saya tambahkan RAM DDR-2 pada computer tersebut menjadi 4 GB (2×2 GB DDR-2). Saya menggunakan Windows XP Professional 32 bit di computer tersebut. Peningkatan kinerja dari semula RAM 2 GB ke 4 GB saya rasa tidak begitu signifikan, dalam artian benar-benar seperti tidak ada peningkatan. Selain itu ternyata di computer saya tidak tertera RAM sesuai yang terpasang, hanya tertera 3,25 GB saja. Berarti sisa dari RAM tersebut sia-sia di computer saya. Padahal menurut apa yang say abaca, MacOS X Leopard saja sudah bisa support RAM 4 GB bahkan lebih, maksudnya RAM tersebut benar-benar terbaca oleh program sebesar itu. Apalagi bila nanti setelah adanya update ke Snow Leopard yang khabarnya benar-benar 64 bit dan berkinerja tinggi (lebih cepat), wah… bakalan semakin mantap dan hebat saja tuh. Memang sih dalam windows pun menawarkan system 64 bit, cuma pada akhirnya banyak juga program yang tidak bisa saya jalankan karena musti cari juga program yang 64 bit (ini menurut pendapat saya lho gak tahu benar atau tidak).

10. Dan terakhir adalah adanya program i-Comic yaitu salah satu program yang memudahkan kita untuk membuat komik dari foto atau gambar yang kita miliki. Dari dulu saya ingin banget bisa membuat komik sendiri dari foto-foto yang saya miliki. Jika saya memiliki MacBook Pro maka keinginan saya tersebut bisa terlaksana. Saya sudah lihat demo produk ini dan benar-benar program yang sangat inovatif. Komik yang dihasilkan pun keren banget.

Tapi itu semua pada akhirnya terkendala dengan harga yang terlampau mahal untuk ukuran computer yang dijual saat ini. Mungkin kalau di Pekanbaru ada Apple Reseller-nya sih tidak akan menjadi masalah, karena kemungkinan besar saya bisa kredit melalui Adira atau yang lainnya. Tapi karena laptop ini musti dibeli di Jakarta sana makanya agak susah di sini. Mungkin saya musti ngumpulin dulu tabungan saya untuk membeli itu. Itu pun berpacu dengan anakku yang sebentar lagi musti masuk TK. Apa sanggup dalam waktu yang tidak begitu lama bisa tercapai?? (maksudnya sebelum anakku masuk sekolah). Mudah-mudahan saja bisa terlaksana. Amiin.

Tinggalkan Balasan

