Review Internet CDMA Star-One


Modem CDMA 1x Merk ZTE

Modem CDMA 1x Merk ZTE

KEMARIN saya baru saja membeli modem CDMA 1x merk ZTE yang saya lengkapi dengan kartu pra bayar Star-One. Sebenarnya awalnya saya tidak ada niat untuk membeli modem yang baru, dikarenakan modem saya yang lama merk Huawei yang disandingkan dengan Kartu Halo Telkomsel Flash Unlimited Corporate masih berfungsi dengan baik. Akan tetapi, dikarenakan ada salah satu BTS di dekat rumah tempat saya tinggal yang rusak, sehingga saya tidak bisa menggunakan modem tersebut di rumah, akhirnya saya mencoba mencari alternatif lain agar bisa terhubung dengan internet.

Mengenai BTS yang rusak ini sebenarnya sudah saya adukan pada pihak Telkomsel secara langsung. Tapi hingga saat ini pengaduan saya tersebut belum ada tindak lanjutnya. Jadi sudah lebih dari 2 minggu ini praktis modem GSM saya tidak bisa saya gunakan di rumah.

Sekilas bentuk dari modem CDMA 1x merk ZTE ini sangat keren menurut saya, karena body modem dibuat dari bahan glossy sehingga memberikan kelas tersendiri bagi pemiliknya. Untuk pemakaiannya pun cukup simple, dimana modem dicolokkan terlebih dahulu via USB ke komputer atau laptop yang dengan sendirinya akan timbul window untuk melakukan penginstalan software dan driver dari modem tersebut. Setelah semuanya dilakukan, maka sistem komputer akan mencoba untuk melakukan reboot untuk menyesuaikan dengan settingan baru yang telah ditambahkan ke dalamnya.

Modem GSM Huawei yang Saya gunakan

Modem GSM Huawei yang Saya gunakan

Berbeda dengan modem GSM Huawei yang telah saya pakai sebelumnya, untuk modem CDMA 1x ZTE ini pada saat akan koneksi ke internet, Saya harus terlebih dahulu mematikan service dari antivirus Kaspersky Internet Security 2009 yang saya gunakan. Jika tidak saya lakukan maka otomatis antivirus saya akan memblok terus menerus sehingga saya tidak bisa terkoneksi dengan internet. Sedangkan koneksi internet pada modem GSM Huawei tidak perlu hingga mematikan service dari antivirus yang saya gunakan. Sehingga walaupun antivirus saya tetap jalan, koneksi tetap bisa dilakukan. Menuru saya, ini adalah salah satu nilai minus dari modem CDMA 1x ZTE. Setelah koneksi internet terhubung, untuk selanjutnya antivirus bisa diaktifkan kembali, dan saya bisa berselancar sepuasnya dengan koneksi CDMA.

Saya mengambil kartu pra bayar Star-One dimana paket internet yang ditawarkan untuk pertama kali adalah sistem Volume Based dengan tarif Rp 1,-/KB; yang untuk selanjutnya menurut CS-nya setelah pengisian ulang yang pertama kita diberikan pilihan untuk menggunakan sistem Time Based dengan tarif Rp 75,-/menit.

Untuk memuaskan rasa ingin tahu pembaca blog saya, saya tampilkan setting internet untuk kartu pra bayar Star One, yaitu :

  • Nomor Dial: #777
  • User: starone
  • Password: indosat
  • Untuk aktivasi layanan, ketik NET kirim ke 799, tarif SMS Rp 5.500,-
  • Untuk pemakaian berdasarkan Volume, ketik Reg[spasi]VOL kirim ke 799, tarif SMS Rp 500,-
  • Untuk pemakaian berdasarkan Waktu, ketik Reg[spasi]TIME kirim ke 799, tarif SMS Rp 500,-
  • Untuk pengisian pulsa, tekan *556*[kode voucher]# lalu tekan OK/YES
  • Untuk cek saldo, tekan *555# tekan OK/YES
  • Untuk cek bonus, tekan *557# tekan OK/YES
  • Besar tarif internet untuk sistem voleme based adalah Rp 1,-/KB
  • Besar tarif internet untuk sistem time based adalah Rp 75,-/menit
Kartu Pra Bayar Star One

Kartu Pra Bayar Star One

Kesan saya selama memakai internet Star One adalah cukup stabil dan kencang. Jika dibandingkan dengan telkomsel flash unlimited corporate yang saya gunakan, maka Star-One ini saya rasakan lebih cepat. Tapi kalau mau jujur, sebenarnya “potensi terpendam” ada pada telkomsel flash unlimited corporate untuk masalah kecepatan, cuma dikarenakan telkomsel flash ini sangat tidak stabil kita lebih sering disuguhi kecepatan yang amit-amit sangat lambat sekali bahkan gagal koneksi dibandingkan kecepatan optimalnya.

Pemakaian Star-One yang saya lakukan pada saat tulisan ini saya buat baru sebatas pada sistem Volume Based. Dan saya sangat terkejut dengan besarnya tarif pemakaian internet yang terjadi. Setelah surfing tidak sampai 2 jam ternyata saya sudah menghabiskan pulsa Rp 20 ribuan. Benar-benar fantastis. Tapi memang itu semua terbayar dengan kecepatan akses dan koneksi internet yang cukup stabil, sehingga istri saya pun mengatakan bahwa: “Setelah memakai ini (internet Star One) koq terasa lebih cepat ya … dibandingkan dengan Telkomsel Flash?”. Padahal istri saya belum tahu kalau jika kita memakai Telkomsel Flash Volume Based tanpa paket unlimited kecepatannya akan lebih cepat lagi, tapi apa bisa stabil koneksinya? Itu sepertinya yang perlu dicoba.

Rencananya nanti malam saya akan mencoba yang sistem Time Based, mudah-mudahan sistem ini tidak benar-benar menyedot isi kantong seperti halnya Volume Based. Tapi yang jelas, saya merasa tidak terlalu rugi mengeluarkan uang yang cukup besar bagi saya jika pelayanan yang saya dapatkan juga cukup baik. Pelayanan ini adalah meliputi akses yang stabil tidak terputus-putus dan kecepatan koneksi yang stabil. Rasanya “nothing to lose” untuk mengeluarkan uang di bawah Rp 200.000,- untuk mendapatkan koneksi internet yang stabil dengan kecepatan up to 200 kbps, dengan catatan: “tetap stabil”. Tapi akhirnya semuanya terserah Anda untuk memilih mana yang terbaik menurut Anda.

8 Komentar to “Review Internet CDMA Star-One”

  1. pak, sekedar saran untuk menghemat pemakaian starone:
    Mungkin bpk bs mencoba akses starone unlimited prabayar selama 7 hr (45rb), kalo udah sreg n pengen lbh murah lg bs coba yg unlimited pascabayar 125rb/bln.
    Telkomsel flash unlimited skrg parah sekali d daerah saya…
    Sekian aja sarannya pak, semoga membantu.

    • Memang benar pak. Saya sudah terlanjur ambil juga yang Telkomsel Flash Unlimited, sekarang malah di rumah tidak pernah dapat sinyal untuk internet. Pengen saya putus saya khawatir kena penalty. Apa memang yang berlangganan kartu tanpa modem bisa kena pinalty kalo diputus belum sampai 1 tahun pak??

  2. prabayar atau paska bayar nih rekomendasinya…
    bisa dilengkapi pentarifan mngkin

  3. Pak z4ki, saya sarankan anda pake paket prabayar flexinet, dengan registrasi harian senilai Rp. 2500, anda sudah bisa berselanca di Internet nonstop 24 jam unlimited. Sim cardnya telkom fleksi. Cara registrasinya cukup ketik REG HARIAN, atau REG MINGGUAN atau REG BULANAN, dengan biaya mingguan Rp. 15.000, dan bulanan Rp. 50.000, O.K. Selamat berselancar…

    • Memang murah sih pak, cuma saya sudah terlanjur berlangganan Telkomsel Flash Unlimited Corporate yang Rp 110.000 per bulan include tax. Jadinya saat ini modem CDMA nya pun nganggur tuh. Artikel itu saya buat ketika jaringan Telkomsel Flash di rumah saya belum stabil menampilkan jaringan 3G. Kalo sekarang sih sudah stabil sekali 3G terus jadinya tetap pake telkomsel flash. Terima kasih pak.

  4. kenapa ngga pake speedy aja buat di rumah ? lebih stabil dan cepat….tidak tergantung sinyal dari operator…sy selama ini lancar2 aja pake speedy…kadang ada gangguan…tapi sebentar aja

    • Memang ada kepikiran untuk pakai speedy. Cuma setelah telkomsel flash unlimited corporate yang 110 ribu ternyata sudah mulai oke jalannya, akhirnya pikiran itu gak jadi. Sekarang saya pake telkomsel flash sedangkan modem CDMA sudah saya jual karena lambatnya memang amit-amit… Oh iya, telkomsel flash unlimited corporate yang 110 ribu per bulan kecepatan downloadnya pernah sampai 100-an kbps. Lumayan ngebut bagi saya. Salam kenal.

  5. Saya pakai starone paket unlimited untuk satu minggu Rp 15,000 modem pake venus VT 80 e

    kalo menurut saya sih stabil jarang diskonek…kalo kecepatan yah biasa saja……tapi kalo buka email , facebook, twitter….masih oke lah……kalo buat youtube or download file kaya mp3, berat man…………

Tinggalkan Balasan

