Selingan: Kamus Bahasa Pegawai Kantoran


key_art_the_office

SAYA menerima e-mail dari kawan saya yang isinya Kamus Bahasa Pegawai Kantoran. Bagi saya isi e-mail ini sangat lucu, oleh karenanya saya ingin “berbagi” dengan pembaca blog saya, hitung-hitung memberikan penyegaran kepada Anda sekalian.

ASAP

Singkatan dari As Soon As Possible, biasanya dipakai oleh atasan yang minta laporan dari bawahannya. Paling males dapet email yang subjectnya ASAP pake huruf gede. Biasanya laporan ini sifatnya dadakan banget. Celakanya, bagi bawahan, laporan inilah yg biasanya paling lama dicuekin, alias gak diduga-duga kalo sewaktu-waktu bos minta, walhasil..JEBRET!! Lembur sampe pagi!

TENTATIVE

Kata sakti yang biasanya dipakai untuk menjelaskan sesuatu di masa depan yang kurang jelas menjadi lebih gak jelas. Apalagi kalo dalam suasana meeting yang udah sangat gak produktif Dan super ngebosenin, kalo bisa semua keputusan bersifat tentative. Yang penting cepet pulang.

MEETING

Harusnya sih RAPAT dalam EYD. Tapi mau gimana lagi? Dah bekennya begitu, kalo bilang rapat, kesannya mau ke Pak RT atau Pak Lurah aja.

TARUH DI MEJA SAYA

Salah satu dari sedikit kalimat berbahasa Indonesia yang dapat mewakili status si pengucapnya. Biasanya kalimat ini diucapkan oleh : Owner kepada Direktur. Direktur kepada GM. GM kepada Manager. Manager kepada Supervisor. Supervisor kepada Staff, Staff kepada OB, dan terakhir OB kepada tukang bubur ayam. Kebayang kan? Betapa susahnya kalo sang owner mau sarapan bubur?

AFTER LUNCH

Untuk menunjukkan waktu yang HARUSnya jam 1 siang, tapi biasanya kalimat ini dipakai kalo janjian dengan level sesama manager atau di atasnya. Kalau masih janjian sesama staff or supervisor mah simple aja “Abis makan deh” atau “Makan dulu bro, baru Kita sambung” Note: Setinggi-tingginya level anda, jangan sampai bilang: “Makan dulu bro” ke owner.

COFFE BREAK

Kebiasaan para pegawai malas yang tidak produktif. Sering dilakukan oleh bos atau para staff. Bos punya jadwal coffe break maksimal cuma 2 kali sehari Dan melakukannya di ruangan sendiri. Nah, kalau staff sering mencoba melakukan gerilya coffe break sesering mungkin di pantry, kantin atau smoking room. Dan sering panik kalau bos tiba-tiba memanggil. Ketika ditanya kemana, alesannya kreatif sekali. Fotokopi lah, ngejilid lah, toilet lah sampai alesan minta data dari komputer temen, gara-gara YM-nya lagi trouble.

LEGALITAS

Campuran Indonesia-Inggris yang menunjukan keadaan pekerjaan yang sudah sampai ke level menengah ke atas. Biasanya kata ini terucap ketika hasil atau proses produksi perusahaan tersandung sengketa. Heran, kenapa selalu kesebut kalo lagi kisruh ya? Contoh kalimat favorit: “Kok bisa begitu? Legalitasnya kan sudah OK semua! Apa? Dia ngajak bawah tangan? Kuliah di mana sih tu orang?”

OVERTIME

Bahasa Indonesianya Lembur. Tapi somehow, overtime lebih keren. Soalnya kalo lembur kayak OB dan Driver.

13th SALARY / BONUS

I love this sentence / word. Kalau nggak mengundang uang, seenggaknya mengundang kehebohan dalam kebersamaan. Dimana divisi-divisi yang tadinya bermusuhan dan berseteru, tiba-tiba bersatu padu dalam kekompakan nan mengharu biru.

BREAKFAST / LUNCH / DINNER MEETING

Kalau Owner atau Direktur yang melakukannya, terbukti efisien dan tepat guna. Kalau Manager yang melakukannya terbukti menjadi alesan ulur-ulur jam istirahat dan pemborosan budget perusahaan, sementara hasilnya tetep gantung. Kalau perlu melebar ke shopping meeting, karaoke meeting atau outbound meeting (biasanya ke Puncak. Syukur-syukur ke Bali )

ENTERTAINMENT

Hampir sejenis dengan penjelasan di atas. Bedanya produk yang dihasilkan berupa New Project atau sekedar ucapan terima kasih. Namun buntutnya lebih panjang, apalagi menyangkut new project. Budget yang disediakan pun lebih besar. Biasanya dilakukan oleh pimpro. Jenis entertainment juga bermacam-macam tergantung sifat pimpro-nya. Ada yang cuma sekedar dinner, karaoke malah sampai ke meja panti pijat plus-plus di sekitar Fatmawati, Melawai atau daerah Kota dan MangBes. Dengan satu tujuan mulia: “Yang penting proyek jebol”.

OUTING / OUTBOUND

Inisiatif Management Perusahaan dalam me-re-fresh karyawannya. Dengan tujuan agar lebih bugar Dan kompak menghadapi masalah-masalah di kantor. Sementara terkadang para karyawan mendapat hasil yang jauh lebih maksimal dari pada sekedar bugar. Affair. Moment Jo. Moment.

925 (NINE TO FIVE)

The International Office Hours. Bedanya, di negara maju dengan 925 bisa mencapai hasil yang maksimal, kalau di Indonesia 825 pun harus dibumbui overtime, dengan catatan gak janji beres ya.

24/7 (TWENTY FOUR SEVEN)

24 jam sehari 7 Hari seminggu. Kalimat sakti para bos untuk mengintimidasi tangan kanannya, dengan diiming-imingi bonus yang masih berada di gray area (baca: kerja rodi dulu, bonus belom tentu, tergantung jebolan proyek)

PANTRY

Seharusnya sih tempat persiapan para OB untuk bikin kopi, nyiapin sarapan dan sejenisnya. Tapi sesuai kebutuhan dan kreatifitas daya khayal karyawan, ruangan ini bisa menjadi multifungsi sebagai smoking room, gossip room, breast pump room, dan room-room bagi komunitas underground lainnya. Pokoknya dari semua ruangan, pantry adalah ruangan paling top!

OB (OFFICE BOY)

Para malaikat penyelamat. Pahlawan tanpa tanda jasa. Percayalah, bila tak Ada OB, niscaya hancur seluruh kegiatan ekonomi perusahaan. Telepon boleh mati. Fax boleh rusak. Tapi kalo OB sakit? Stress menghinggapi seluruh kantor.

MESANGGER

Teman seperjuangan OB. Nasibnya-nya kurleb sama dengan OB. Tapi bedanya mesangger lebih mobile karena tugasnya mengantarkan dokumen-dokumen penting. Pekerjaan nan mulia sungguh. Walau terkadang jadi korban tangan-tangan karyawan jahil yang ingin menitipkan kado ke pacar yg letak kantornya (sangat amat) berjauhan.

JOBDESC

Stands for Job Description. Detail pekerjaan karyawan yang dituang dalam kontrak kerja. 80% dari JobDesc biasanya dianggap sepele dan dicuekin. Sebaliknya, apabila gaji dipotong 80% malah akan menjadi bencana & malapetaka.

TOILET

Selain tempat buang hajat en dandan, toilet bisa menjadi ruangan pemersatu umat. Dimana sekali seminggu, sebulan, setahun atau bahkan seumur hidup si kasta rendah bisa berada satu ruangan dengan si kasta agung (kalo beruntung malah dalam keadaan celana melorot, dasi kena kencing, kolor longgar, lagi ngeden, bau kentut dsb)

SOUNDING

Istilah untuk pemberitahuan sesuatu yang harus di-up-dated kepada divisi-divisi yang bersangkutan. Walaupun harusnya bersifat tulisan dan resmi, namun di tangan karyawan kebanyakan, sounding selalu bersifat verbal / oral Sehingga pada akhirnya yang terjadi bukan up dated yang didapat melainkan word up atau malah fist up… (baca: tuduh-tuduhan / lempar-lemparan) alamakjan.

CC & REPLY ALL

Istilah email yang selalu jadi bahan pembelaan nomor satu apabila proses sounding menjadi kisruh. Berdoa aja emailnya beneran nyampe, bukan maeler daemon atau lebih parah lagi masih ada di draft folder, hehehe.

MAN BEHIND THE DESK / ORANG KANTORAN

Ledekan para tenaga operasional lapangan kepada karyawan administrasi, apalagi yang berdasi. Namun karyawan adminstrasi menyikapi dengan bijak, berupa keputusan tahan gaji, memotong uang lembur atau penyulitan administrasi kasbon dan cuti. Dengan alasan cerdas yang bersifat sangat teknis nan membingungkan tentunya.

AFFAIR

Bahasa indonesianya: SELINGKUH artinya (some might says) SELingan INdah KeluarGa UtuH. Salah satu dari sangat sedikit hal yang membuat semangat datang ke kantor.

FOLLOW UP

Kegiatan yang paling enak diucapin namun paling males dilakuin.

CONCERN

Bentuknya macem-macem ada Tax Concern, Managemet Concern. Salary Concern, Employees Concern Namun apapun dan bagaimanapun bentuknya, concern-concernan ini pasti berujung dengan meeting nan membosankan yang sangat menguras waktu dan tenaga.

KASBON

Selamat hari ini. Celaka hari esok.

REIMBURSEMENT

Kata benda yang sangat diharap-harapkan kehadirannya oleh karyawan. Terutama bagi karyawan yang sangat mengabdi pada perusahaan. Karena bagi lidah orang Indonesia kata ini sangant sulit dilafalkan, maka dapat disingkat menjadi rembes atau rembesan. Contoh :

“Eh cuy, rembesan gw dah keluar belom?

“Belom nih coy, masih nyangkut di plafon”

“Dipercepat dong. Bokek nih”

“Beres. Jangan lupa traktirannya ya. Udah gw bantuin nih. Lo kan tau si bos paling lama soal begituan”

Jadi, reimbursement juga dapat menjadi semacam pungutan liar bagi bagian keuangan.

I HATE MONDAY

Terucap seminggu sekali. Biasanya di Senin pagi pukul 6. Hidup terasa berat dan membosankan. Apalagi kalau pekerjaan menumpuk dan jadwal meeting yang padat ada di depan mata.

MIDWEEK MADNESS

Ngambil istilah dari acara Rock MTV tahun 90-an. Saking annoyingnya gw males ngejelasinnya. Pokoknya pasti pada ngarti dah ya.

THANKS GOD IT’S FRIDAY

Hari dimana 925 sama sekali gak berlaku. Istirahat 2 jam, dengan alasan Sholat Jum’at. Padahal malah ngelayap ke Gramedia / Gunung Agung. Karyawan wanita pun gak mau kalah dengan merayakan Jum’at siang dengan shopping dan makan siang di ujung dunia. Kayaknya bahagiaaaaa banget!

ANNUAL LEAVE

Sesuat yang lebih ditunggu-tunggu kehadirannya. Saking kreatifnya, karyawan bisa mengatur jadwal cutinya sesuai dengan keluarnya bonus sekaligus ketika pas kejadian proyek lagi ribet-ribetnya. Hebat…hebat…

LONG WEEKEND

Gak ada kata yang tepat untuk mendeskripsikan kalimat ini kecuali: “Anugerah Yang Terindah Yang Pernah Kumiliki by Sheila on Seven”

One Comment to “Selingan: Kamus Bahasa Pegawai Kantoran”

  1. emang iya tuh pas bngt coy..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: