Tampilan Awal Dari Chrome OS


 

Tampilan Google Chrome OS

DISADUR dari website Berita Teknologi, melaporkan bahwa inilah Tampilan Sketsa Awal dari Sistem Operasi yang dikeluarkan oleh Google yaitu Chrome OS.

Tak cukup hanya dengan menghadirkan web browser Chrome, kini Google sedang menyibukkan dirinya untuk mempersenjatai sistem operasi terbarunya yaitu Chrome OS. Masih tak jelas memang kapan kiranya sistem operasi berbasis web itu akan hadir, bahkan untuk perkiraan tahun depan saja masih belum jelas adanya.

Untuk memberikan sedikit bocoran, apa saja yang akan ada nantinya, Chrome OS akhirnya menampilkan sketsa awal dari konsep sistem operasi tersebut. Memang masih sebatas konsep kasar saja, dimana hanya fitur-fitur umum ditampilkan.

Sistem operasi tersebut kabarnya akan benar-benar berjalan dengan menggunakan web browser Chrome. Di bagian kanan bawah, terdapat USB drive dimana membaca data dari USB kita dan ditampilkan dengan tab. Untuk notepad-nya menggunakan Google Docs. Aplikasi website yang dirilis juga menggunakan aplikasi dari panel-panel buatan Google yang mana meliputi Gmail, Facebook, Twitter, Hulu dan lainnya.

Selain itu untuk aplikasi yang berjalan secara background seperti Google Talk akan di-minimize pada panel bawah dan akan muncul kalau ingin kita tampilkan. Kapasitas penyimpanan lokal juga digunakan untuk mempercepat sistem ini. Kalau dilihat-lihat sepertinya sistem ini hanya meminjam login saja dan lainnya akan menggunakan kecanggihan yang ada di website dan internet. Google juga berjanji akan melakukan kerja keras agar sistem operasinya mendukung Flash dan lebih bisa dicocokkan dengan kebutuhan hardware. Untuk Silverlight sendiri, pihak Google memang belum mengomentari apakah akan bisa mendukung atau tidak nantinya.

Dengan sistem operasi ini, pihak Google mencoba memfokuskan diri untuk memberikan solusi kepada mereka yang memang sudah terbiasa dan sering menggunakan website dalam kehidupan sehari-hari, bukan untuk mencukupi segala kebutuhan pengguna. Jadi jika Anda adalah seorang pengacara dan harus mengedit kontrak dan lain sebagainya, sepertinya sistem operasi ini bukanlah sistem operasi yang cocok buat Anda.

Kabarnya lagi, dengan kehadiran sistem operasi ini bukan tidak mungkin pihak Google juga akan membuat spesifikasi hardware khusus untuk pengguna sistem operasi ini, misalnya hanya pengguna komputer dengan SSD saja yang mendukung x86 dan juga processor ARM. Namun itu masih sebatas rumor saja karena segala hal masih belum jelas dan saat ini Google sendiri sedang bekerja keras untuk memberikan yang terbaik untuk para pengguna sistem operasinya nanti.

 

One Comment to “Tampilan Awal Dari Chrome OS”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: