Prepare Foto ala Zaki untuk Posting ke Blog


FOTO yang saya ambil menggunakan kamera DSLR Canon EOS 40D dengan resolusi 10,2 Mega Pixel dalam format JPG. Otomatis dengan resolusi sebesar itu, maka file foto yang dihasilkan sangat besar, dan apabila tidak diperkecil, maka proses upload ke Blog akan memakan waktu yang lama (tahu sendiri lah… internet di Indonesia kan masih terbilang sangat lelet). Di sini saya ingin berbagi trik untuk mempersiapkan foto yang ingin diposting ke Blog ala saya sendiri.

Pertama buka file foto dengan menggunakan program Adobe Photoshop. Kebetulan yang saya gunakan di laptop saya adalah Adobe Photoshop CS3.

Selanjutnya setelah foto terbuka, klik <Image> dilanjutkan dengan klik <Adjustment> ambil <Levels…>. Ini biasa saya gunakan untuk manipulasi saturasi foto supaya bisa tampil lebih baik dari segi warnanya, karena pada kamera saya gunakan setting warna yang standar.

Selanjutnya geser-geser tombol di bawah gambar grafik sehingga didapatkan komposisi warna yang menurut kita enak dipandang mata (ini cara paling simpelnya….). Untuk foto di atas saya buat tombol hitam pada point 16 tombol tengah (abu-abu) pada point 1,53 dan tombol putih pada point 240. Setelah itu okekan.

Selanjutnya, karena ini termasuk foto pemandangan yang membutuhkan ketajaman tinggi supaya terlihat indah, maka saya klik <Filter> lalu ambil <Sharpen> trus klik <Unsharp mask…>.

Trus saya buat saja <Amount> nya pada point 200%, <Radius> 2,0 pixel dan <Threshold> pada 0 levels. Sebenarnya isian ini terserah saja enaknya berapa. Selanjutnya okekan.

Selanjutnya untuk memperkecil ukuran file dari foto klik <Image> dilanjutkan dengan klik <Image Size…>.

Selanjutnya tuliskan pada kolom <Width> angka 1000 pixels, yang akan secara otomatis akan menyesuaikan angka <Height>-nya. Selanjutnya okekan. Setelah diokekan, maka foto akan mengecil secara otomatis dalam tampilan Photoshop.

Selanjutnya klik <File> dilanjutkan dengan Klik <Save As…> untuk menyimpan foto. Dalam hal ini terserah saja apakah pengen disave dengan nama file yang baru atau mau di-replace dengan nama file aslinya. Di sini saya memakai sistem replace saja.

Trus ketika muncul jendela <JPEG Options> saya bikin saja <Quality>nya 2 atau masuk dalam kategori low. Untuk selanjutnya saya okekan. Selanjutnya eng… ing… eng…. beres dah… Foto Anda akan berukuran kecil dan tidak memberatkan koneksi internet Anda untuk diupload ke Blog atau Facebook.

Selamat mencoba….

One Comment to “Prepare Foto ala Zaki untuk Posting ke Blog”

  1. i ll try it later..thanks for sharing this..:)

Tinggalkan Balasan

