Mencoba Nokia Messaging


BARU-BARU ini ada penawaran menarik hasil kerja sama antara Telkomsel dengan Nokia yaitu salah satu fitur yang disebut dengan Nokia Messaging. Karena penasaran dengan fitur ini saya mencoba fitur ini di HP saya Nokia E71 Black Edition.

Oh iya, hanya sekedar hasil analisa saya. Walaupun saat ini Nokia masih mendominasi pasar ponsel dunia, tapi ancaman dari Blackberry dan iPhone cukup intens membuat gerah Nokia sehingga produsen ponsel asal Swedia ini mulai berbenah untuk menjadi lebih baik. Salah satu fitur Blackberry yang sangat diminati oleh para penggunanya adalah kemudahan mengakses e-mail dan chatting melalui perangkat Blackberry dikarenakan adanya fitur layanan server RIM yang mendukung aktivitas chatting dan e-mail pelanggannya tersebut. Sedangkan iPhone selain menawarkan teknologi ponsel yang lain dari pada yang lain, juga mengusung tema kemudahan pengoperasian perangkat disamping karena bentuk dari perangkat ini yang menurut saya “sangat-sangat futuristik”. Untuk membendung laju Blackberry dan iPhone ini, Nokia mengeluarkan layanan terintegrasi berupa Ovi Store.

Layanan Ovi Store ini meliputi e-mail gratis berekstension ovi.com, dimana saya sudah memiliki e-mail khusus yaitu di ahmad.z4ki@ovi.com. Layanan e-mail ini sama dengan layanan yang ditawarkan oleh Apple melalui dot mac untuk pengguna Mac dan dot me nya untuk pengguna iPhone.

Kemudian selain itu ditawarkan juga aplikasi-aplikasi penunjang ponsel Nokia, dimana ada yang gratis dan ada juga yang bayar. Layanan ini mirip dengan layanan bagi pemilik iPhone via Apps Store.

Selanjutnya ada juga layanan sinkronisasi perangkat dengan website Ovi yang mirip dengan layanan sinkronisasi dot mac, sehingga kalaupun seandainya ponsel saya hilang dicuri, maka data saya tetap aman di Account Ovi saya dan sewaktu-waktu saya bisa langsung melakukan sinkronisasi balik sehingga buku alamat dan sms masih tetap bisa saya miliki dengan ponsel Nokia yang baru. Dan ini sudah saya manfaatkan ketika saya mencoba update firmware ternyata membuat data-data di ponsel saya hilang semua.

Nah, balik lagi ke plot semula. Sejak kemaren saya sempat pusing mencoba bagaimana menggunakan fitur Nokia Messaging menggunakan ponsel saya. Awalnya saya mencoba mengupdate firmware ponsel yang saya miliki ke versi yang lebih tinggi, karena menurut “iklan” di Kompas, ponsel yang saya miliki musti diupdate dulu firmwarenya. Setelah firmware terupdate ternyata data buku telpon dan sms saya hilang bablas semua tanpa bekas. Tapi untung saja, karena saya sudah sinkronisasi perangkat saya dengan Site Ovi, saya bisa balikkan semua sms dan buku telpon sehingga bisa kembali lagi seperti semula.

Selanjutnya saya dibingungkan dengan adanya aplikasi di Ovi Store yang bernama Nokia Messenger. Saya bolak balik mencoba mendownload dan install aplikasi ini ternyata tidak bisa di HP saya mungkin dikarenakan sistem operasi pada HP saya yang tidak mendukung aplikasi ini. Jadi seharian kemaren saya sudah sempat “puyeng” gimana caranya, sampai saya pergi ke konter-konter HP untuk bisa diinstallkan aplikasi Nokia Messenger ini. Ternyata pihak konter pun gak ada yang bisa menginstallnya.

Keesokan harinya saya googling lagi untuk mencari cara menginstall Nokia Messaging. Ternyata ada linknya langsung, dan di situ disebutkan agar saya langsung browsing dengan menggunakan ponsel saya ke alamat http://email.nokia.com. Akhirnya dengan sedikit bersabar menunggu cukup lama terkonek dengan website tersebut dengan ponsel saya, dan cukup sabar menunggu istall aplikasinya, saya berhasil menginstall aplikasi Nokia Messaging tersebut.

Setelah aplikasi ini terinstall ternyata di dalam aplikasi ini mendukung fitur e-mail Ovi, Gmail, Yahoo dan lain-lain (untuk fasilitas chatting nya sudah saya utak atik gak tahu ada di mana, nanti bakal diutak atik lagi deh…).  Karena saya sudah teregister dengan e-mail Ovi (Account Nokia) maka saya mencoba mengaplikasikan email saya di Ovi dengan Nokia Messaging ini.

Setup instalasi email Ovi ke dalam Nokia Messaging bisa dibilang gampang banget. Saya cuma disuruh memasukkan Account saya dan Password saya, kemudian saya menunggu konfirmasi di ponsel langsung. Dan agak menunggu lama, selesai juga setup e-mail saya.

Selanjutnya saya mencoba e-mail Ovi via Nokia messaging. Ternyata oke juga, setelah e-mail saya kirimkan via ponsel, tidak begitu lama saya cek di email office saya sebagai alamat pengirimannya ternyata sudah langsung masuk. Saya cc kan juga e-mail tersebut ke e-mail office kawan saya, dan setelah saya konfirmasi ke dia, dia pun mengatakan e-mail yang saya kirim sudah dia terima. Sayangnya…… ada satu masalah. Setelah kawan saya itu membuka e-mail tersebut terus dia coba test reply kembali ke e-mail Ovi saya, lama sekali e-mail itu baru masuk ke ponsel saya. Jadi intinya masih ada ketidak-stabilan pada server Ovi Nokia untuk pengiriman e-mail dari komputer ke ponsel. So… kalau memang Nokia ingin mengalahkan Blackberry dalam hal kemudahan e-mail rasanya hal ini perlu dibenahi.

Akhirnya setelah mencoba itu semua, penilaian akhir saya adalah fitur yang ditawarkan Nokia cukup beragam dan sebenarnya merupakan pengembangan dari fitur-fitur yang ditawarkan oleh produsen lain terutama Apple dan RIM Blackberry. Saya yakin Nokia menawarkan ini kepada konsumen untuk dapat mempertahankan dan mengamankan singgasana penjualan ponsel terbanyak di dunia dari gerusan dan serbuan Blackberry dan iPhone yang semakin hari semakin mengancam posisi Nokia. Keberhasilan fitur ini untuk dimanfaatkan oleh konsumennya menurut saya hanya waktu yang akan menjawabnya. Tapi satu hal yang pasti dan patut dicatat adalah kemudahan pengoperasian Nokia masih saya nilai dengan 2 jempol saya saking mudahnya dibandingkan dengan Blackberry, kalau dibandingkan dengan iPhone saya terus terang mengatakan tidak tahu karena saya sendiri belum pernah menggunakan iPhone.

Selanjutnya terserah Anda……………..

Tinggalkan Balasan

