Terpaksa Tunda Beli iMac…


AKHIRNYA setelah sekian lama termimpi-mimpi menginginkan mempunyai iMac baru, harus kandas juga dikarenakan harga yang ditawarkan masih belum rasional. Saya kemaren menanyakan harga iMac baru pada reseller Apple yang ada di Pekanbaru, katanya untuk iMac 21,5 inch yang memakai nVidia Geforce 9400M dijual seharga Rp 13,5 juta dan untuk yang satunya lagi memakai ATI Radeon HD 4670 dijual seharga Rp 16,5 juta. Terus terang, harga ini jauh di atas harga yang ditawarkan oleh Apple Indonesia yang hanya menawarkan harga Rp 13 juta-an untuk nVidia Geforce 9400M dan Rp 16 jutaan untuk yang memakai ATI Radeon HD 4670, padahal harga yang ditawarkan oleh Apple Indonesia tersebut sudah termasuk ongkos kirim dari Singapura lagi. Jadinya saya urungkan dahulu untuk memiliki iMac menunggu harganya rasional untuk pasar Indonesia.

Menurut penjualnya, dia sama sekali tidak mengambil untung di harga, dia hanya mencari point dari penjualan produk Apple yang dia jual di tokonya. Saya tidak tahu apakah ini benar? Tapi yang jelas, memang saya melihat dia barusan menjual salah satu produk Apple yaitu MacBook Pro 13 inchi dengan Processor Intel Core 2 Duo 2,26 GHz kepada seorang dokter dengan harga Rp 12,3 juta. Harga ini menurut saya masih rasional mengingat di Apple Indonesia harganya Rp 13 juta-an (biasanya harga reseller selalu di bawah harga Apple Indonesia).

Sekarang kita hitung-hitungan dengan harga yang ditawarkan. Harga MBP yang Rp 12,3 juta tersebut sebenarnya sudah mengambil untung sekitar USD 100. Mengapa saya katakan begitu? Di Apple US harga MBP tersebut ditawarkan sebesar USD 1.199 kalau dirupiahkan “hanya” sebesar Rp 11,39 juta. Coba harga tersebut kita tambahkan USD 100 menjadi USD 1.299 yang dirupiahkan menjadi Rp 12,34 juta. Sehingga jelas sekali di sini apabila reseller itu menjual Rp 12,3 juta seperti yang telah disebutkan di atas, maka harganya masih rasional walaupun memang USD 100 di atas harga Apple US. Karena memang hampir semua reseller Apple di Indonesia masih menjual produk Apple dengan kisaran harga lebih tinggi USD 100 dari harga resmi.

Nah, sekarang kita hitung-hitungan lagi dengan harga iMac yang ditawarkan. Harga iMac bergraphic nVidia Geforce 9400M ditawarkan Apple US seharga USD 1.199. Dengan reseller mengambil untung USD 100, maka harganya menjadi USD 1.299 dan dengan kurs Rp 9500/USD maka harga yang ditawarkan mustinya sama dengan harga MBP termurah yaitu Rp 12,3 juta. Nah ini, harga yang ditawarkan Rp 13,5 juta, ada selisih sebesar Rp 1,2 juta dengan harga yang ditawarkan. Makanya saya bilang tidak masuk akal, karena reseller mengambil untung untuk produk ini sebesar USD 222.

Sedangkan untuk harga iMac bergraphic ATI Radeon HD 4670 ditawarkan oleh Apple US sebesar USD 1.499. Dengan reseller mengambil untung USD 100, maka harga yang ditawarkan “normal”nya sebesar USD 1.599 alias Rp 15,19 juta. Nah, yang ditawarkan reseller saat ini harganya Rp 16,5 juta selisih Rp 1,31 juta dari harga “normal” pasaran Indonesia. Makanya saya bilang tidak masuk akal juga karena resellernya mengambil untung hingga USD 237. Kalau harganya masih dekat-dekat dengan Rp 15,19 juta mungkin masih masuk akal.

Katanya harga tersebut memang dari resellernya yang di Jakarta, dikarenakan produk di Jakarta stocknya masih sedikit, ditambah lagi produk baru sehingga pihak reseller menawarkan harga yang “gila-gilaan” seperti itu. Terus terang hal ini belum saya konfirmasikan langsung dengan reseller yang ada di Jakarta, apakah memang demikian harganya?? Lebih lanjut menurut penjualnya, harga iMac tersebut akan berangsur-angsur “normal” sekitar 3 bulanan lagi dikarenakan kemungkinan stocknya sudah mulai banyak di Indonesia.

Akhirnya saya mengambil keputusan untuk menunda lagi salah satu impianku, yaitu memiliki iMac baru… patut disayangkan hanya gara-gara harga yang tidak cocok….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: