Akhirnya Canonku terkena Err001


AKHIRNYA yang saya takutkan terjadi juga, apa yang digembar-gemborkan di milis tentang Err001 atau pesan Error 001 di kamera DSLR ku terjadi juga. Padahal saya sudah mencoba untuk menggunakan kamera seibjaksana mungkin, tapi ternyata tidak juga sebagai jaminan untuk tidak terkena Err001.

Err001 adalah suatu suatu bentuk pesan error yang tampil di LCD Kamera DSLR yang menyebutkan bahwa tidak ada komunikasi antara lensa dengan body kamera. Pening juga saya mendapatkan pesan error seperti ini. Akhirnya saya coba matikan kamera terus saya coba bersihkan lensa dan body kamera. Saya nyalakan lagi ternyata masih tetap terjadi pesan Err001.

Karena bingung juga apa yang terjadi dengan kamera kesayanganku akhirnya saya coba cari tentang Err 001 di internet. Dan di Internet di dapatkan penjelasan yang lebih mendetail tentang Err001. Di internet disebutkan Err001 bisa terjadi akibat adanya kerusakan pada kabel di lensa ataupun kerusakan pada kamera. Err001 biasa terjadi pada kamera Canon disamping ada juga Err099. Dan salah satu dari peserta milis menyebutkan bahwa faktor utama lebih kepada lensa, di situ juga disebutkan beberapa lensa menjadi penyumbang terbesar Err001. Salah satunya adalah lensa Canon 17-85 yang saya gunakan.

Menurut salah satu anggota milis, lensa Canon 17-85 adalah salah satu lensa yang sering sekali terkena Err001. Mungkin konstruksinya yang jelek atau bagaimana. Jadi banyak sekali anggota milis yang menyumpah-nyumpah lensa Canon 17-85, karena lensa ini termasuk lensa mahal tapi dari segi kekuatan benar-benar jauh sekali (gampang rusak). Itu menurut mereka. Dan… ternyata saya terkena juga hal seperti ini. Lensa Canon 17-85 saya terkena Err001, dimana Err001 ini akan saya alami jika saya gunakan untuk memotret di focal length 17 hingga 35 mm-an. Tapi di atas 40 mm-an saya tidak terkena Err001.

Yah, namanya nasib sial, mustinya dulu ketika mau beli kamera DSLR musti banyak-banyak baca di internet. Padahal paket dengan lensa standar yang 18-55 harganya jauh lebih murah dari pada paket 17-85. Tapi berhubung informasi yang saya dapatkan pada saat itu belum berimbang, dan saya pun lebih berfikiran harga yang mahal otomatis kualitasnya bagus.

Akhirnya saya memilih kamera DSLR dengan lensa kit 17-85. Memang ketajaman lensa 17-85 ini lebih tinggi jika dibandingkan dengan lensa 18-55, cuma ternyata daya tahan lensa ini menurut beberapa anggota milis lebih parah dari pada 18-55. Yah… benar-benar apes dah, mana garansi pun kayaknya sudah lewat 1 tahun.

Trus, saya coba cari-cari juga di internet, apakah Nikon pernah mengalami Err yang sama? Ternyata mungkin karena pengguna Canon di Indonesia paling banyak, jadinya memang Err001 atau Err099 di Canon sudah bukan lagi hal yang aneh. Artinya banyak juga orang yang terkena kasus Err001 atau Err099 pada kamera Canonnya. Sedangkan untuk Nikon pun ternyata banyak juga yang terkena kasus Error, walaupun memang kasus di Nikon tidak sebanyak di Canon dikarenakan yang memakai Nikon lebih sedikit dan juga disebutkan bahwa Nikon lebih mahal dan kualitas lensa Nikon pun jauh lebih bagus dari pada Canon. Jadi jarang sekali ditemukan Error pada kamera Nikon.

Tapi, kalau Anda ingin mencari kamera yang jarang terkena Error, maka salah satu anggota milis menyarankan agar jangan membeli Canon atau Nikon karena bisa jadi akan terkena pesan error yang sama. Beli saja produk merk lain, misalnya Sony, Pentax, Olympus ataupun Panasonic yang menurut mereka lebih jarang terkena pesan Error seperti itu.

Akhirnya memang semuanya tergantung anda. Jika kita menginginkan kualitas foto yang kita ambil bagus, otomatis kita musti membeli kamera Canon ataupun Nikon yang sudah terkenal akan kualitas hasil gambarnya. Walaupun memang ada juga orang yang beranggapan “the Man behind the Gun” artinya apapun kameranya kalau orang yang menggunakannya sudah jago tetap saja hasilnya bagus, tapi kalau kameranya mahal tapi orangnya tidak bisa menggunakannya memang jadinya jelek.

Saya terus terang kurang begitu setuju dengan apa yang disebutkan di atas. Karena apa? Kesannya dari pernyataan di atas adalah jadinya tuh tidak ada usaha untuk mendapatkan produk yang lebih baik. Padahal kita punya hak untuk mendapatkan produk paling bagus sesuai dengan kemampuan kita. Jadi pernyataan di atas kelihatannya lebih kepada orang yang sebenarnya dia menginginkan bisa mendapatkan produk yang bagus, tapi apa daya tidak memiliki uang atau sejenisnya sehingga menghibur diri dengan yang penting siapa di belakang kamera.

Kalau saya pribadi berfikiran, kalau memang kita sanggup dan punya banyak uang untuk membeli barang-barang mahal kenapa tidak? Toh pada akhirnya yang bakalan memakaikan dia sendiri, kalaupun seandainya dia ternyata terlampau kemahalan membeli dan ternyata tidak imbang dengan hasil yang diperolehnya maksudnya ternyata dia tidak punya jiwa seni fotografi, ya.. itu sudah resiko dia kenapa dia membeli produk yang demikian mahal ternyata dia tidak punya jiwa seni.

Ya… begitulah… jadinya ngelantur dari ngomongin masalah Err001 pada kameraku sampai ke masalah pemilihan kamera. Maklum sajalah di sampingku, anakku satu-satunya cerewet banget pengen ngelihat video-video balap motor dan mobil… jadinya ngetik gak konsen.

2 Komentar to “Akhirnya Canonku terkena Err001”

  1. So…solusinya gamana..?

Tinggalkan Balasan

