Anakku Belajar Bersepeda


TADI PAGI saya ajarkan anak saya bersepeda roda dua. Sepeda model BMX yang saya beli ketika usia dia masih 3 tahun-an sebagai kado ulang tahun dia. Sebelumnya sepeda itu ada roda tambahan atau penyangga di sebelah kanan dan kirinya. Entah kenapa, mungkin ketika dia melihat salah satu iklan di TV dimana ada salah satu anak yang meminta Ayahnya untuk melepaskan roda penyangga, eh tidak disangka anak saya menginginkan hal yang sama. Akhirnya oleh Atuknya roda penyangga yang ada di sebelah kanan dan kiri sepedanya dilepas.

Setelah dilepas, kerjaan dia sehari-hari mendorong sepeda itu putar-putar rumah. Kasihan juga saya melihatnya karena saat itu dia tidak bisa menaiki sepedanya dikarenakan sudah tidak ada lagi penyangganya. Pas hari ini bertepatan dengan liburan Nyepi, saya ajak anak saya untuk belajar naik sepeda di lapangan dekat rumah. Dengan gembira dia membawa sepedanya dan langsung dicoba. Tidak lupa saya pegang dia kuat-kuat takut terjatuh. Maklum lah, usianya masih sangat kecil masih berusia 4 tahunan.

Setelah capek dorong sana dan dorong sini, akhirnya saya melihat sudah ada kemajuan. Dimana dia sudah mulai bisa menaiki sepeda. Cuma sayangnya kelihatannya masih belum bisa membelok ke arah kanan, beloknya masih ke kiri terus. Kalau dipaksa belok ke arah kanan langsung bisa jatuh.

Ada hal lucu pas ngajarin anak saya bersepeda. Saat itu dia sudah sedikit agak lancar dibandingkan pada pagi hari. Jadi saya lepas begitu saja. Saya nunggu di pinggiran lapangan. Jadi ntah kenapa mungkin karena pikiran saya lagi di tempat lain, saya tidak memperhatikan arah bersepeda anak saya. Gak tahunya tanpa disangka sepeda yang dikendarai anak saya sedang meluncur ke arah parit. Yah, akhirnya tidak bisa dielakkan jatuhlah anak saya ke parit tersebut. Langsung nangis dia, tapi untungnya nangisnya tidak memakan waktu lama dan dia mau menaiki sepedanya kembali.

Yang jelas, saya sangat bersyukur kepada Allah SWT, ternyata tidak memakan waktu lama hanya 1 hari saja dari pagi sampai siang, anak saya bisa menaiki sepeda roda duanya. Selanjutnya mungkin tinggal melancarkan bersepedanya saja. Rencananya sih anak saya akan saya ajak pada hari Minggu esok ke Jalan Diponegoro pas pagi-pagi hari, karena di sana setiap hari Minggu ada Car Free Day atau hari bebas mobil hingga siang hari. Mudah-mudahan dengan begitu dia semakin semangat untuk bersepeda dan semakin lancar.

Tinggalkan Balasan

