Menjajal Windows 7 #2


HARI BERIKUTNYA saya coba lagi Windows 7 yang telah diinstallkan ke komputer tersebut. Saya coba kompatibilitasnya dengan beberapa aplikasi, ternyata sejauh yang saya coba sangat bagus. Hampir semua aplikasi bisa terinstall dan jalan dengan sempurna.

Aplikasi yang jelas-jelas sepertinya tidak bisa jalan adalah aplikasi symantec end point protection, kayaknya tidak bisa jalan. Akhirnya untuk anti virus saya coba gunakan yang gratisan dari Smadav yang ternyata bisa jalan tanpa halangan.

Printer Epson Stylus Color 1520

Selanjutnya saya coba koneksikan dengan printer Epson Stylus Color 1520, salah satu printer A3 jadul yang saat ini mungkin sudah tidak diproduksi lagi. Ternyata Windows 7 sama sekali tidak mendukung printer Epson ini. Saya coba mencari driver Epson 1520 for Windows 7 dari internet, ternyata hampir sebagian besar tidak ada. Padahal printer saya menggunakan printer jadul ini, tapi windows 7 malah tidak support dengan hardware yang jadul-jadul kayak gini. Saya coba cari lagi via google untuk driver yang sesuai tetap tidak ditemukan driver yang sesuai. Akhirnya saya menyerah sampai sekarang printer tersebut tidak bisa dijalankan via windows 7. Kayaknya pihak Microsoft menginginkan agar mengganti juga hardware yang jadul-jadul untuk dukungan Windows 7 yang lebih luas.

Setelah mencoba setting printer yang akhirnya tidak berhasil (sebuah catatan minus Windows 7 bagi saya), selanjutnya saya mencoba menginstall scanner Canon saya. Berhubung scanner ini masih cukup baru, instalasi tidak menemukan masalah berarti. Scanner tersebut langsung nyambung begitu saja berikut dengan program-program yang ada di dalamnya.

Saya coba untuk menjalankan scanner tersebut sejauh ini tidak ada masalah yang berarti alias lancar-lancar saja. Selanjutnya saya coba koneksikan dengan jaringan yang ada dan akses internet, ternyata ini pun tidak ditemukan adanya masalah. Malah sistem sharing file dalam jaringan pada Windows 7 tidak seperti pada Windows Vista. Sistem sharing file ataupun folder dalam Windows 7 saya anggap lebih baik dan simple dari Windows Vista yang sedikit “njelimet”. Tapi memang tetap lebih mudah sistem sharing pada Windows XP, cuma proteksi pada Windows XP masih kalah jauh dari Windows 7. Dalam Windows XP sistem sharing file atau folder ini tidak bisa dilengkapi dengan password, sedangkan pada Windows 7 bisa dilengkapi dengan itu.

Saya juga coba aplikasikan program LAN Chatting dalam Windows 7, ternyata program inipun bisa jalan dengan sempurna. Cuma ketika saya coba untuk mengirimkan file sepertinya tidak bisa terkirim. Saya tidak tahu apakah ini diakibatkan oleh programnya yang tidak sempurna berjalan di Windows 7 atau karena jaringan LAN-nya yang tidak bisa.

Kesimpulan yang bisa saya ambil dari Windows 7 ini adalah OS ini benar-benar OS yang powerful dan berjalan dengan cepat. Sejauh yang saya pakai, tidak ada masalah ketidak-stabilan seperti halnya dengan Windows XP. Pada Windows 7 segalanya bisa berjalan dengan lancar dan stabil, cuma sangat disayangkan Windows 7 ini tidak mendukung hardware-hardware lama seperti halnya Printer Epson Stylus Color 1520. Seharusnya printer-printer lama pun masih tetap didukung, karena di Windows Vista printer ini masih tetap didukung, tapi kenapa di Windows 7 printer ini sudah tidak didukung lagi?

Jadi sejauh Anda saat ini banyak menggunakan hardware-hardware tipe terbaru, ada baiknya jika Anda coba menginstall Windows 7 yang merupakan salah satu pencapaian tertinggi Microsoft saat ini pada bidang Sistem Operasi yang benar-benar sangat powerful dan stabil. Tapi jika Anda memiliki hardware lama yang tidak kompatible dengan Windows 7 ini, maka jika Anda sayang untuk membuang hardware tersebut ada baiknya jika Anda tetap setia pada Windows XP yang memang bisa mengaplikasikan segalanya.

Semuanya terserah Anda, karena Anda sendiri yang memutuskan.

2 Komentar to “Menjajal Windows 7 #2”

  1. lam kenal…
    mas zaki sampean asli wong dermayu klu boleh tau dermayu nya dari daerah mana?
    oh ya, sampean sekarang di pekan baru kerja di bagian / intasi apa?
    semoga kita dapat bertukar ilmu dan pengalama.
    dari yan

    • Saya memang asli Indramayu mas. Asli dari desa Parean Girang Kandanghaur. Seperti yang tertulis di Blog saya, saya bekerja di perkebunan Sawit di Tanah Riau. Saat ini domisili di Pekanbaru. Salam kenal juga…

Tinggalkan Balasan

