Apple… do everything easy….


KEMARIN saya berbincang-bincang dengan rekan kantor saya mengenai komputer. Dalam perbincangan itu saya sampaikan, bahwa saya benar-benar puas memiliki satu unit komputer Apple model iMac yang saya beli walaupun harus ngutang sama adik saya untuk memilikinya. Kenapa saya katakan demikian?? Karena sejak memiliki iMac tersebut sampai sekarang, belum pernah saya mengalami kejadian ataupun permasalah mengenai komputer, baik itu hang, terkena virus, not responding dan sebagainya. Benar-benar ini komputer yang membuat hidup kita menjadi lebih mudah. Segala sesuatunya seolah-olah dipermudah, dari instalasi program, konversi musik ataupun film, email, dan internetnya. Benar-benar saya merasakan program dan hardware yang diciptakan oleh Apple semuanya diciptakan untuk kemudahan pemakaian.

Satu-satunya permasalah yang saya hadapi adalah lintas platform. Apa itu lintas platform? Maksudnya adalah memang semua kemudahan ada pada Mac, cuma karena di kantor, di tempat teman, dan di tempat-tempat lainnya kebanyakan menggunakan Windows di sinilah kendala mulai timbul. Sepintas lalu sih kendala ini tidak begitu mengganggu cuma jika kita dihadapkan pada suatu keinginan untuk bisa mengerjakan segala sesuatunya dengan sempurna, maka hal ini benar-benar bisa mengganggu.

Misalnya begini, saya ada tugas kantor contoh termudah adalah file yang akan saya kerjakan di rumah masih menggunakan Microsoft Word dan Microsoft Excel. Memang kedua file tersebut enteng saja untuk saya buka dengan menggunakan Mac saya. Saya bisa editing dan lain sebagainya dengan menggunakan software Microsoft Office for Mac. Tapi problem akan muncul ketika hasil kerjaan di Mac tersebut saya buka lagi di Windows, maka akan muncul beberapa in-konsistensi dalam Word dan Excel itu. Sejauh ini yang saya temui adalah misalnya yang harusnya spasi eh pas dibuka di Windows spasinya jadi hilang. Jadi akhirnya saya edit ulang lagi jika menemui hal seperti ini. Benar-benar mengesalkan lintas platform itu.

Ada salah satu artikel yang pernah saya baca, bahwa seseorang yang memiliki sebuah Mac kebanyakan akan merasa puas dengan produk tersebut dan akan mencoba untuk memiliki produk Apple yang lainnya. Hal ini tidak bisa dipungkiri, saat ini “racun” produk Apple sudah menjalar dalam darah saya. Saya merasakan kemudahan yang tidak pernah saya rasakan sebelumnya dari produk komputer Windows. Dan saya pun mendapatkan sebuah desain komputer yang benar-benar “fashionable” sehingga tidak bosan-bosan saya pandang. Saat ini pun apabila Allah mengizinkan dan memberi rezeki pada saya, maka saya ingin memiliki produk Apple yang lain seperti iPhone ataupun iPad. Karena saya tahu benar Apple senantiasa mengeluarkan produk yang stylish, cepat, mudah dioperasikan dan berumur panjang.

Tadi saya menyebut berumur panjang. Apa maksud hal ini? Saya melihat hal ini simple banget. Dari produk Macbook ataupun Macbook Pro, ataupun yang lagi laris manis seperti iPhone. Perubahan desain produk tidak seperti merk-merk lain yang perubahannya cepat sekali. Merk-merk lain belum sampai satu tahun sudah mengalami perubahan yang cukup signifikan, sedangkan kita lihat sendiri produk seperti iPhone dari yang 2G hingga sekarang yang sudah 3,5G modelnya tetap seperti itu saja. Jadi dari segi kepuasan pemakaian bakalan terpenuhi, karena umur desain produknya yang panjang, walaupun produk tersebut tetap saja mengikuti perkembangan dari OS yang disematkannya.

Kayaknya tidak bakalan puas kita untuk membahas produk-produk Apple yang kesemuanya bagi saya adalah produk-produk unggulan yang diciptakan untuk kenyamanan dan kemudahan kita menggunakannya. Mungkin ada beberapa pembaca yang tidak sependapat dengan saya, tapi itu lumrah namanya. Tapi yang jelas setelah Anda berkenalan dengan salah satu produk Apple maka akan dapat dipastikan Anda akan jatuh cinta kepadanya dan mencoba untuk dapat memperoleh produk Apple yang lainnya.

One Comment to “Apple… do everything easy….”

  1. Pak Zaki,

    Sangat menarik tulisannya pak….semoga kedepannya Pak Zaki semakin mahir menggunakan produk apple lainnya….o ya sedikit info mengenai masalah lintas platform, mudah-mudahan hal ini akan teratasi dengan akan dirilisnya MS Office 2011 for Mac…begitu produknya rilis tentunya pak Zaki akan saya infokan dan sambil sama-sama menunggu saya berharap supaya pak Zaki tidak bosan-bosannya sharing terus mengenai apple, mac osx, iPhone ataupun produk-produk apple lainnya….

Tinggalkan Balasan

