Ternyata Selama Ini Saya Membayar Mahal untuk Telkomsel


Berbagai Pilihan Kartu dari Telkomsel

SELAMA ini saya menggunakan Kartu Halo dari Telkomsel untuk komunikasi. Sudah sekitar 7 tahunan mungkin saya menggunakan Kartu Halo Corporate yang bebas Abonemen dengan pertimbangan biasanya yang namanya post paid jauh lebih murah dari pada menggunakan pre paid (pandangan saya waktu itu). Dan selain itu post paid jauh lebih gampang urusannya, istilahnya sih apa yang kamu kerjakan itu yang kamu bayar karena biasanya skema tarifnya lebih flat dan pada saat dulu diluncurkan dari segi SMS saja jauh lebih murah dari Simpati (saat itu SMS Simpati Rp 550,- per SMS sedangkan Kartu Halo cuma Rp 350,- jadi benar-benar jauh lebih murah). Itulah pertimbangan saya kenapa dulu saya ambil Kartu Halo.

Saya tidak tahu apabila perkembangan selanjutnya ternyata berkata lain, dimana akhirnya paradigma itu bergeser sehingga Kartu Halo saat ini jauh lebih mahal dari pada kartu Simpati baik itu tarif SMS apalagi tarif telponnya. Dan saya pun tidak tahu sudah berapa lama skema tarif seperti ini berlangsung. Saya benar-benar seperti dibodohi dan dipaksa untuk membayar lebih mahal oleh Telkomsel.

Selain itu saat ini Telkomsel seolah-olah menganak tirikan pengguna Kartu Halo, dimana pengguna kartu Simpati banyak diberi feature-feature menarik bahkan bonus. Tidak seperti pengguna kartu Halo yang miskin akan feature, bonus dan event-event kegiatan yang mengatas namakan kartu Halo.

Kayaknya sudah saatnya bagi saya untuk beralih dari kartu Halo ke kartu Simpati yang secara tarif jauh lebih murah. Rencananya saya akan gunakan nomor baru dari kartu Simpati selepas lebaran nanti. Dikarenakan kemungkinan pada lebaran nanti banyak teman-teman lama saya yang mungkin tidak ada nomornya pada HP saya mengucapkan selamat lebaran, jadinya nanti semuanya akan saya tampung dahulu untuk selanjutnya diinformasikan nomor yang baru.

Sebelum mengganti nomor tersebut saya sudah melakukan survey dan cek ricek skema tarif dari kartu Halo, kartu Simpati Pede biasa dan kartu Simpati Freedom. Kartu As tidak saya sertakan karena saya baca memang untuk percakapan dia jauh lebih murah tapi ada beberapa feature yang saya anggap penting malah dihilangkan dari kartu ini. Singkat kata saya lakukan analisa dan perbandingannya adalah sebagai berikut :

Tabel Perbandingan Tarif Pelayanan Telkomsel dalam Rata-rata 1 Jam Percakapan

Jadi dari tabel di atas jelas sekali jauh lebih mahal menggunakan Kartu Halo dibandingkan menggunakan Simpati untuk saat ini. Jadi kalau seandainya saya tidak mengembalikan kartu Halo saya berarti saya termasuk orang yang bodoh sekali sebab jelas-jelas sudah tahu mana yang lebih murah. Ibaratnya, biaya yang saya keluarkan untuk menginformasikan penggantian nomor HP yang nantinya saya keluarkan tetap jauh lebih murah dari pada saya tetap mempertahankan kartu Halo saya.

Dan dari tabel di atas pun jelas terlihat bahwa Simpati Freedom yang baru-baru ini dikeluarkan oleh Telkomsel dengan nomor HP berawalan 0821 ternyata memiliki skema tarif yang lebih mahal dari Simpati biasa, walaupun memang kartu baru ini dijejali beberapa feature baru seperti sudah full feature untuk internet dan bonus-bonus yang lebih menarik dan mungkin kapasitas kartu yang lebih besar. Tapi tetap saja, skema dari kartu Simpati lama jelas lebih menarik bagi saya.

Demikian semoga tulisan saya ini bisa membuka mata Anda sekalian pengguna kartu Halo sehingga bisa mengenal mana skema tarif yang lebih murah dan mana yang jauh lebih mahal. Skema di atas didasarkan pada tarif terkini yang dikeluarkan oleh Telkomsel langsung yang ada di websitenya.

Jika Anda bisa bayar murah…. kenapa bayar lebih mahal…. Semoga membantu….

40 Responses to “Ternyata Selama Ini Saya Membayar Mahal untuk Telkomsel”

  1. betul tu mas,, Saudaraku pernah beli Modem USB Flash saat pameran di JCC menggunakan kartu telkomsel… ya ampun lama nya setengah mati, lemoooot banget,……..

    • Kalo masalah itu mungkin keberadaan jaringannya kali. Mungkin di tempat saudara mas gak ada jaringan telkomsel 3Gnya. Saya kebetulan internetnya menggunakan telkomsel flash unlimited corporate yang 110 ribu. Dan Alhamdulillah karena di rumah ada jaringan 3G jadi lumayang cepat lah. Kadang kalo lagi “lucky” saya bisa dapatkan kecepatan download hingga 100 kbps tuh.
      Btw, perbandingan yang saya tulis tuh perbandingan biaya percakapan antara kartu halo dengan Simpati yang benar-benar sangat timpang.

  2. telkomsel operator dgn tarif termahal sejagat masi banyak juga peminatnya hahahaha coba lo bandingkan ama tarif IM3. Mentari. jauhhhhhh…… ternyata masi byk bgt org indo yg bodoh…

    • Ya memang saya akui bahwa telkomsel memiliki skema tarif yang paling mahal dibandingkan dengan operator lainnya. Dan kenapa saya tetap “harus” memiliki satu nomor telkomsel? Bukan lain dan bukan tidak dikarenakan kebanyakan saudara, teman-teman dan rekan kantor hampir sebagian besar (kalau tidak bisa dibilang 100%) nomor HP yang mereka punya dari Telkomsel semua. Bagaimana saya sendiri musti ganti ke nomor di luar telkomsel? Bisa mahal nanti saya membayar biaya komunikasinya… Karena walaupun skema tarif di luar telkomsel lebih murah, tapi ketika menelpon lain operator tarif mereka tetap mahal.

    • permasalahannya kalo u/ ABG bisa ganti2 nomor…cuman u/ kalangan bisnis.Rugi …mending no.lama tetep,tapi u/ pon yang lain pake yang perang tarif aja.

      • Yah… memang seperti itulah dibuat Telkomsel… Awalnya kartu Halo dibuat semenarik mungkin, dimana biaya telpon dan SMS jauh lebih murah dari pada Simpati. Dan ketika pelanggan sudah semakin banyak, secara sepihak baru disesuaikan dimana sekarang ini Simpati jauh lebih murah dari Kartu Halo. Nah… bagi yang sudah tahunan memakai kartu Halo otomatis akan sulit untuk lepas dari kartu ini karena keterikatan nomor. Apalagi bisnisman ataupun karyawan, kalau ABG mungkin bisa gonta ganti nomor mencari yang termurah. Tapi untuk pelanggan tertentu, hal ini bisa menjatuhkan kredabilitas dia. Berharap saja secepatnya pemerintah menetapkan sistem satu nomor bisa pindah-pindah operator. Pasti bakalan kebakaran jenggot tuh yang lainnya….

  3. Salam kenal mas
    Saya juga pengguna Simpati, saya rasa Simpati itu mahal semua, operator lain utk dapat telepon murah sesama operator tidak harus ngantri seperti talkmania, kaya antri sembako aja xixixix, kapan yech telkomsel murah ….????

  4. Bener Bung, tulisan anda itu sangat benar, saya sudah merasakan itu sebenarnya sejak th.2008, namun karena alasan nomor kartu saya bagus dan sudah dimiliki banyak teman dan rekan saya, sayang rasanya untuk diganti. Pilihan saya menjadi saya membeli kartu ke-2 saya sempat beli kartu simpati, xl, dan terakhir esia.
    Yang terakhir esia saya gunakan karena banyak pegawai di perusahaan saya yang pakai esia, isi pulsa Rp. 50.000 ( Jabotabek-bandung) atau Rp. 25000 (daerah lainnya) bisa telepon gratis sesama esia. Dan sisa pulsanya saya pake untuk ke nomer lain, mana lagi hpnya murah cuma 150rb-an. Sementara itu kartu halo tetap aktif.
    Tapi ada satu hal yang aneh mengenai kartu halo, rekan-rekan saya di Bali memiliki kartu simpati dan satu orang memiliki 2 kartu, simpati dan halo, pada satu lokasi (basement) semua kartu simpati tidak dapat melakukan atau menerima panggilan, tapi kartu halo bisa. Mungkinkah ada perbedaan service dan coverage ?
    Saran saya sih… pertahankan saja kartu halonya, dan beli kartu simpati ( jadi 2 telepon ) kan bisa pake pesawat hp yang lama, yah kalo gak mau beli baru. Jadi teman-teman dan rekan anda tidak kehilangan jejak. Sambil menunggu dan bersabar ada undang-undang / peraturan (dulu sy pernah dengar ada wacana) pelanggan dapat ganti operator dan kartu tanpa harus ganti nomor hp.
    Tabelnya oke, mohon ijin copas ya ?

    • ini ada tulisan mengenai rencana peraturan itu ..

      Ganti Operator Telepon Tanpa Ganti Nomor

      Jalan-jalan di Detikinet trus nemu tentang rencana penggunaan sistem number portability di Indonesia pada tahun 2011 mendatang oleh Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI). Kemungkinan nanti akan diterapkan penggunaan satu nomor tetap untuk pengguna telepon selular namun kita bebas untuk berganti operator telepon kita ke operator lain. Selama ini nomor telepon dimiliki oleh masing-masing operator yang mengeluarkannya, namun nanti nomor telepon akan dikuasai oleh pemerintah.

      1. Sisi positif / Manfaat penerapan sistem number portability :
      – Persaingan sehat dalam menjaring dan mempertahankan pelanggan yang ada dengan pelayanan maksimal dan harga yang kompetitif.
      – Operator yang buruk akan dihukum dengan pihdahnya pelanggan mereka ke operator lain yang memiliki kualitas layanan yang prima.
      – Konsumen tidak perlu mengganti nomor telpon jika ingin ganti operator.
      – Pemerintah dapat dengan efektif dan mudah mendata dan mengawasi pengguna telepon di Indonesia secara terpusat.
      – Tidak perlu lagi punya banyak nomor telepon yang bisa membuat pusing diri sendiri serta orang lain yang mau menghubungi kita.

      2. Sisi negatif adanya number portability :
      – Harga perdana nomor cantik yang ada akan melambung tinggi karena rencana penyatuan nomor ke satu pengelola.
      – Jumlah nomor telepon akan dibatasi pengeluarannya sehingga menyulitkan kita untuk mendapatkan nomor yang cantik.
      – Persaingan yang semakin ketat dapat menimbulkan trik trik nakal dari suatu operator.
      – Bisnis jual beli nomor perdana telepon selular akan lesu karna pembatasan jumlah perdana baru dan pilihan nomor yang kurang variatif.

      Semoga saja dengan adanya number portability di masa yang akan datang pada jaringan gsm dan cdma diharapkan dunia telekomunikasi di negara kita bisa semakin maju.

      Bagi yang belum cocok dengan nomer HP yang ada, beli saja yang paling cantik sekarang supaya nanti tidak kehabisan atau kesulitan memburu nomer cantik di kemudian hari.

      http://angsakecil.blogspot.com/2008/05/ganti-operator-telepon-tanpa-ganti.html

      • Hal ini memang sudah pernah saya dengar, cuma kepastian penggunaan sistem ini entah kapan bisa terlaksana. Yang jelas provider semacam Telkomsel (provider dengan jumlah pelanggan terbesar) yang pasti akan ketakutan setengah mati ketika diberlakukan sistem satu nomor bisa gonta ganti operator. Pastinya sih saat ini Telkomsel masih “sangat arogan” terhadap tarif telekomunikasi yang ditawarkannya, karena beberapa sebab bagi pelanggannya yang mau tidak mau harus menerima berapapun tarif yang dikeluarkan oleh telkomsel. Semoga saja hal ini cepat terlaksana, Amiin…..

    • Oke dipersilahkan bung… terima kasih penjelasannya bagus, dan saya berharap suatu saat nanti akan diterapkan satu nomor bisa gonta ganti operator…

  5. saya juga jd korban pakai kartu halo…………dulu ditawari krn memang lbh hebat sekarang mo ganti kartu nomer dah terlanjur menyebar banyak…………giman nich telkomsel

    • Itulah yang terjadi dengan saya pak, berarti nasib bapak gak jauh dengan nasib saya. Bisa dibilang saya nih korban Kartu Halo juga… pengen pindah kartu minimal ke Simpati tapi nomor yang saya miliki sudah terlanjur dimiliki oleh teman-teman saya. Coba seandainya ada sistem satu nomor bisa ganti-ganti operator atau ganti-ganti layanan, wah bisa enak banget tuh pak. Jadinya kita tidak merasa seolah-olah dijebak oleh salah satu operator untuk menggunakan produk layanannya. Kalau memang ada operator yang bisa menyajikan layanan yang lebih baik dan jaringan yang lebih stabil, otomatis maka itu yang bakalan dikejar oleh para konsumen…. semoga saja hal itu suatu saat bisa terlaksana….

  6. selalu masyarakat yg jadi korban…………….

    • Memang masyarakat yang tidak tahu akan selalu menjadi korban. Misalnya sms-sms hadiah yang disuruhnya kita memencet sejumlah angka yang akhirnya menggiring kita untuk mendaftar pada suatu layanan yang dikenai biaya dengan memotong sejumlah pulsa kita. Model-model seperti ini sudah jelas-jelas menipu atau menjerumuskan, tapi koq tidak ada tindakan tegas dari pemerintah untuk mengatur masalah-masalah seperti ini. Yah namanya kita hidup di zaman sekarang dan di negara kita tercinta yang masih terus berbenah (dan tidak selesai-selesai), kita musti extra waspada mana layanan yang sifatnya menjebak dan mana yang tidak. Tapi jika memang benar-benar kita butuhkan, mau apa lagi selain membiarkan diri kita terjebak oleh layanan tersebut….

  7. saya juga pengguna simpati lebih 5 tahun ternyata untuk mendapatkan gratis 100 sms perhari dengan cukup sms 3 X tidak berlaku untuk pelanggan lama yang setia dengan simpati

    ketika saya coba komplain mendapat penjelasan bahwa untuk pelanggan simpati lama harus ngirim sms 10X dulu baru dapet gratis 100 sms….

    Hah… beginikah cara memperlakukan pelanggan yang loyal ???

  8. betul bangeett..ternyata mahallll..aku pengguna simpati dari thn 2002 hmmm cukup lama, dulu mahal..trus murah..trs sekarang mahal lg..ooo aku baru sadar bulan september kemarin..setelah aku itung2 dgn tarip detik per detik..hmmm jd ksimpulanya ttp mahal..

  9. saya pelanggan kartu halo….lebih dari 3 tahun. akhir 2 ini tagihan saya membengkak.dan alangkah menyesalnya karena disisi lain perang tarif antar provider dimulai.tetep Halo adalah kelas menengah keatas karena semakin lama kita jadi pelanggan semakin terkuras pulsa kita.

  10. mmang mahallllll….
    ku jg heran padahal aku jg termasuk planggan lama…..
    maunya ga usah gi make simpati…

  11. gak masalah ganti kartu caranya

  12. Gpp ganti kartu, caranya ya setelah ganti kartu beritahukan relasi anda diberitahu, bahwa no anda berubah, kan ada 1000 sms gratis

  13. Sy jg pengguna kartu halo. mahal sih. (malah mahal bgt dibanding simpati)😦
    Makanya saya terpaksa beli satu lg, simpate. jd pake dua nomor. trus untuk ke rumah saya pake cdma.
    apa boleh buat (resiko konsumen). Tp kalo begini trus, tentu dapat dipastikan sy akan pindah ke provider lain…

  14. emg simpati plg mahal… solusi sy sih ganti hp jd hp china. jd bs dual gsm.
    skrg sy pk tri, gila jauh bgt bedanya, untuk dpt 20rb sms qt cm ngluarin pls 399, bandingin dgn smpt yg hrs kluar pls 3300 untk mndptkan 600 sms gratis (krn sy plgan lm) 500 siang hari, dan 100 sore hr ny… pokoknysaran sy cpt2 pndh operator lain, sblm qt dsbt kmbg dongo… yg telkomsel dpke bwt nrm sms or tlp doang…

  15. Betul sekali, jadi tekesan merampok pulsa serta menguras kantong konsumen..
    Saya pengguna kartu Hallo sdh 14 thn, kemarin waktu saya ke singapore, padahal saya sdh wanti2 agar jgn sampai byr mahal dgn menghubungi dahulu pihak call center ttg rencana travelling ke sing ini,.
    Sy sdh mengetik *266# utk registrasi paket data roaming internasional,.. Namun sunguh kaget ketika sy balik ke indo (di singapura cuma 5 hari) ternyata sy hrs membayar tagihan sebesar Rp 2.140.000,-
    Padahal biasanya setiap bln sy hanya membayar sekitar 400 – 500 ribuan plg mahal!
    Sy sdh complain ke grapari ttg hal ini, dan ternyata kata si petugas cs pengecekan membutuhkan waktu kira2 antara 3 bulanan.. Mmg Hallo Telkomsel sgt arogan merampok kantong kita cuma krn nomer kita sdh lama, jd sayang klu dibuang.. Nasib… Semoga BRTI mengindahkan curhatku ini…

  16. yupzz betul bgt saya tekor uang jajan saya abiz gara2 bli pulsa simpati,
    pgn ganti y no simpati nie tmn2 sudah pada tahu,
    saya sudah pengguna simpati sejak saya duduk di bangku smp sampai kuliah ini,
    beli pulsa yang sepuluh malah abiz cepet bgt smz’y mahal harus 10 smz dlu bru dpt grtisan mlm’y byr lgi bru dtp grtsan,
    pgn gantiiii akhhh tolong. . . tp no nie dah lama bgt n tmn2 dah pda tau no nie.

  17. kartuhalo dapet prioritas jaringan, buktinya kalo simpati/as error, kartuhalo masih bisa dipakai
    ini bukan masalah bodoh atau pintar dalam memilih produk
    tapi lebih ke preferensi atau kesukaan
    daripada murah tapi MURAHAN, mending mahal tapi KUALITAS BAGUS.

  18. semua produk telkomsel….. mahal semua,,,,,,

  19. kenapa iklan kartu as lolos…. katanya paling murah…………….. bohong belaka…. sekarang mahal……

  20. Gw lg googling cara migrasi kartu halo ke simpati, eh malah nemu tulisan ini…
    Tulisan ini sangat bagus, alangkah bodohnya diri ini sekian tahun membayar mahal atas kartu halo.

    Saran saya, tolong tulisan ini berikut semua komentar2 nya di publish di media yang lebih besar dan terkenal, alasannya agar dibaca oleh teman2 pengguna kartu halo.
    Sekalian agar dibaca pimpinan Telkomsel…
    Manatau nih kita pengguna halo dapat menikmati tarif yg sama murahnya ataupun lebih murah dari pada simpati…
    Demikian pendapat saya..

  21. Mudah2n tarif Simpati sceptnya di Sesuaikn dgn keadaan Ekonomi skrg…
    setuju….!!!!!

  22. menurutt saya
    bagi kita pembisnis wajib mempunyai beberapa nomor
    contohnya saya
    dengan mengunakan hp yg bisa 2 sampai 4 simcard
    yg bisa menampung
    theree
    im3
    as
    simpati
    xl
    cdma
    nah cukup 3 ponsel sj tuh. murah juga hrganya di atas 200 lah yg enak bisa masuk 4 simcard yg ane pakai xl.thre.im3 dan as. kalo simpati ada di hp utama
    coz nomor lain itu ane pakaii buat telpon dan sms aja.

  23. hahahhahaha………
    dari pada ngasih penghargaan
    lbh baek q makan aja…
    simpatikan perusahaan milik negara mu
    masa bayar mahal aja pada ga mau

  24. mending pake IM3, murah banget… saya suda 9 tahun pake kartu IM3 sampai sekarang masih tetep puas,,,

  25. Sudah 10 tahun lebih saya pakai simpati sejak masih kuliah. Sayang banget kalo mau dibuang, inget kalo dulu beli perdananya mahal (alasan yg konyol ya? Tp emang iya, dulu kalo gak salah beli harga Rp 140 rb) n nomerku sebelas digit (sering buat pemilik counter mengernyitkan kening n bertanya apa nomernya gak kurang? Hahay…alasan yg lebih konyol lagi ini). Alasan ketiga karena nomer lama jadi teman2 masih punya nomerku yg ini biar gampang dihubungi.
    Tp anehnya, nomer suami yg juga 11digit(belinya waktu kt berdua masih pacaran jd rentangnya berdekatan waktu beli) tarif nelponnya lebih murah daripada nomer saya. Apalagi ibu saya yg pakai simpati baru malah lebih2 murah. Pernah dipakai telpon 12menit, pakai simpati saya, habis pulsa 18rban….
    Pakai punya ibu saya cuma berapa ribu gitu,, tak menyentuh 10rb dg pemakaian 30menit.
    Haduh…kenapa saya yg masih setia dg simpati dapat perlakuan beda?

  26. Konsumen jadi kebingungan di saat provider saling bersaing dalam kebebasan menggunakan komunikasi yang super murah.baik itu internet maupun nelpon, setiap saat bisa saling bersaing hari ini simpati, besok AS dan besoknya lagi provider lain yg unggul….. namun semua itu hanya cocok untuk sifat indvidu yg komersil…???semoga Telkomsel terutama Simpati tidak tersaingi dalam kebebasanya berkomunikasi terutama dalam penyediaan media internet. Simpati yg terluas dan bermodal jadi …. silahkan saja perlihatkan nyalii provider lain….simpati tetap akan memiliki manajemen yg lebih menarik untuk konsumenya… maaf bukan berarti saya pemilik simpati…. sy hanya mengandalkan dana simpati (TELKOMSEL) yg bisa berbuat… kedepanya…

  27. Saya pakai simPATI untuk nomor utama saya yg dishare ke teman dan keluarga (voice, sms, internet di smartphone saya), nah KartuHalo saya gunakan khusus untuk modem hsdpa saya saja yg saha share via wifi agar bisa tekoneksi pada tablet, laptop, smartphone, pc saya,,

    Simpati murah untuk voice call, sms, untuk sesama telkomsel, karena keluarga banyak pakai telkomsel,,

    Tapi simpati mahal kalo urusan tarif internet, sedangkan simpati murah, kuota besar, dibandingkan simpati, speed juga up to 14,4mbps (kalo simpati chma 7,2mbps), dan kartu halo selalu jadi prioritas dalam jaringan telkomsel,,,

    Dan satu lagi,, saya pakai im3 untuk telpon dan sms gila-gilaan murahnya,,,

    Jadi, simPATI untuk komunikasi keluarga, rekan bisnis, dan teman yg 80% pakai telkomsel, KartuHalo untuk koneksi Internet (karena di komplek rumah sodara saya, tempat saya tinggal selama kuliah tidak bisa pasang speedy gara2 tiang telkom gk tercover, padahal di kota), dan IM3 untuk komunikasi dengan calon istri, maklum rada LDR, gk jauh2 amat padahal, tapi jarang bisa ketemu karena si dia skolah di pesantren dan tinggal di asrama, tau sendiri lah gimana ketatnya,,,

    Oh ya, saya mahasiswa, sekaligus bisnis man, jadi maklum lah banyak nomer gara2 beda kebutuhan,,,

    Kenapa koneksi internet saya pakai telkomsel?, karena cuma telkomsel disini yg luas 3g hsdpa nya, bahkan sampai ke desa loh,,, indosat, xl cuma gprs dan edge, padahal mereka lebih murah, apa boleh buat telkomsel memang kualitas nya tinggi, gk masalah bayar mahal dikit, coz bisnis saya di internet,,,

    Intinya, pinter2 aja nentuin provider,,,

  28. Memang pelangan pasca adalah fix pelanggan, simpati pelanggan labil. Jadi yg labil dijagain agar konsisten tapi ya pasca juga harus dijaga sebenarnya. Kalau mau yg enak pra bayar ke pasca dan sebaliknya pake xl aja. Buat data bagus. Di lantai b3 basement saya dapat sinyal. Emang sih buat suara kurang disebagian besar jakarta, tapi data topp

  29. ada uang, ya…bayar
    kalo ga ada, ya…ga usah bayar
    gitu aja repot…

Trackbacks

Tinggalkan Balasan

