Info Center Lokal di Jaringan Kantorku


Halaman Muka Info Center

DI KANTOR saya baru-baru ini diluncurkan semacam website lokal yang menggunakan jaringan LAN yang ditujukan sebagai Info Center untuk mengetahui segala macam hal yang terjadi di lingkungan kantor. Perlu diketahui kantor tempat saya kerja termasuk kantor yang cukup besar karena sudah melibatkan beberapa cabang, yaitu : Singapura, Jakarta, Pekanbaru, Pontianak dan Balikpapan. Sehingga dengan adanya info center ini diharapkan komunikasi dan informasi antara beberapa kantor cabang dapat terjalin dengan baik (itu teorinya….).

Saya salah satunya dari bagian Plantation yang ditunjuk untuk menjadi Admin dari website lokal ini. Awalnya saya sangat gembira dan menyambut baik bisa dijadikan Admin dari website lokal ini dikarenakan memang saya suka menulis dan suka sekali jika tulisan saya bisa dibaca orang lain. Tapi ternyata……. selepas pelatihan Admin kemaren, semangat saya untuk menjadi Admin langsung lenyap. Kenapa?? Karena ternyata banyak sekali pembatasan-pembatasan yang diberikan oleh Admin Pusat kepada Admin-Admin seperti saya pada website Info Center ini. Pembatasan-pembatasan itu adalah :

  1. Pertama dan utama yang membuat saya langsung “down” adalah dengan tidak diperkenankannya untuk membuat tulisan atau artikel oleh setiap Admin kecuali satu Admin saja yaitu Admin Training Center. Ini kan benar-benar bisa “membunuh” kreatifitas. Jadi saya sebagai Admin Plantation yang membawahi beberapa kebun yang saya yakin benar banyak tersedia orang-orang kreatif di kebun tidak diberikan hak untuk menerbitkan artikel tersebut. Artikel tersebut harus dikirimkan ke Admin Training Center untuk selanjutnya mereka yang menerbitkan.
  2. Sesama Admin di satu Region tidak bisa melihat user dan admin di satu region. Jadi seperti saya Admin Plantation hanya bisa melihat user yang saya masukkan dalam Plantation saja, tapi saya tidak bisa melihat user dan admin bagian lain walaupun itu masih satu kantor. Ini benar-benar pembatasan yang kelewatan menurut saya, karena hal itu sebenarnya bisa memacu para Admin untuk berlomba-lomba membuat yang terbaik bagi website lokal.
  3. Karena pembatasan yang nomor 2 tersebut, maka antara Admin tidak bisa melihat artikel yang sudah diposting. Ini benar-benar membuat saya gila…. Untuk apa saya memposting artikel jika saya gak tahu artikel yang sudah diposting admin lain?? Ini kan sebenarnya bisa juga sebagai “ajang lomba” mana Admin yang terbaik. Kalau sesama Admin saja sudah dibatasi hingga tidak bisa melihat artikel Admin yang lain walaupun hanya judulnya saja, ya untuk apa lagi ada Admin??? Semakin saya tidak nyaman dengan hal ini (padahal sebelumnya masih bisa melihat artikel dari bagian lain lho….).
  4. Karena ternyata tidak semua karyawan diberikan hak yang sama untuk menjadi user di Info Center ini walaupun karyawan yang bersangkutan sudah memiliki golongan yang tinggi (golongan Supervisor atau Manager ke atas), tapi jika yang bersangkutan tidak memiliki alamat email kantor maka dia tidak punya hak untuk menjadi user. Benar-benar peraturan yang membuat saya miris dan merasa rekan-rekan saya di lapangan yang memang tidak memiliki alamat email (walaupun golongannya sudah tinggi dan pantas untuk mendapatkannya) terpasung haknya untuk mengetahui info-info terbaru dari kantor.
  5. Ini yang juga menurut saya adalah pembatasan yang lucu, dimana user Admin tidak bisa digunakan untuk melihat halaman muka. Jadi saya sebagai Admin harus juga mendaftarkan nama saya sebagai user untuk bisa melihat halaman muka. Wah…. benar-benar hal ini bikin nelongso…. Akhirnya saya jadi benar-benar hilang selera saya untuk benar-benar berkarya di Info Center Kantor saya itu, karena selain itu saya hanya melihat bahwa kelihatannya dengan pembatasan-pembatasan yang begitu “lucu”, info center ini dibuat seperti “proyek terselubung” dari Kantor Jakarta selaku yang meluncurkan untuk menunjukkan bahwa : “ini nih hasil yang sudah didapat” dan untuk mengambil atau mengupload tulisan atau artikel-artikel tertentu yang bersifat penting dimana Admin lain tidak memiliki hak jangankan untuk mengupload, untuk melihatnya pun tidak bisa.

Akhirnya setelah saya merasa “tidak nyaman” dikarenakan hal di atas, dan semangat saya pun sudah “down”, saya sudah tidak lagi berapi-api menyambut tugas baru saya selaku Admin Plantation di kantor saya. Saya hanya berfikir sejauh saya melaksanakan kewajiban saya saja tidak yang lainnya. Apa saja kewajiban utama saya selaku Admin?? Kewajiban utama saya adalah membuat Struktur Organisasi di bagian saya bekerja, membuat Contact List di bagian saya bekerja, dan mengupload KPI Tracking. Itu saja tugas saya yang akan saya kerjakan, selebihnya…………… sudah malas saya……….

Tinggalkan Balasan

