Pengalaman Pribadi Membandingkan Blackberry dengan Merk Lain


REKAN KANTOR saya akhirnya jadi juga membeli iPhone 3GS dan saya seperti yang sudah ditulis di artikel sebelumnya malah jadinya membeli Blackberry Onyx 9700. Di kantor kami saling tukaran gadget untuk mencoba masing-masing kemampuannya. Dan saya akui bahwa iPhone 3GS memang keren dan cepat walaupun dengan aplikasi yang terinstal banyak banget. Layar yang ditampilkan oleh iPhone benar-benar jernih dan kaya akan warna. Cuma satu hal yang tidak dimiliki iPhone adalah BBM. Dia tidak memiliki nomor PIN BBM sehingga tidak bisa berkomunikasi dengan pengguna BB kecuali menggunakan YM atau aplikasi chatting yang lain (padahal saudara-saudara saya kebanyakan memiliki Blackberry).

Jadi sebagai ponsel entertainment, menurut saya iPhone sudah benar-benar menancapkan kukunya dengan segudang aplikasi dan bentuk yang benar-benar stylish terlihat sederhana tapi bergengsi. Kayaknya hanya iPhone inilah yang menurut saya bentuknya bisa tahan agak lama. Tapi….. untuk di Indonesia, kayaknya menggunakan iPhone, Android ataupun ponsel-ponsel lainnya masih tidak akan maksimal. Karena apa?? Karena koneksi data di Indonesia masih belum stabil layaknya di negara Eropa dan Amerika. Jadi saya melihat teman saya pengguna iPhone sangat sulit untuk senantiasa online karena ketidakstabilan jaringannya. Makanya di sini saya benar-benar merasa tidak salah pilih dengan memilih Blackberry. Karena dengan Blackberry walaupun jaringan yang ada adalah “cuma” GPRS tapi dengan jaringan seadanya yang GPRS itu Blackberry masih enteng saja untuk menggunakan fasilitas email dan chatting. Benar-benar mantappp…..

Coba jika Anda menggunakan iPhone, kalau tidak 3G maka Anda bakalan banyakan nunggu supaya aplikasi email dan sejenisnya bisa berjalan optimal. Dan itupun loading yang ditunggu bisa lama banget yang akhirnya jadinya malah amit-amit… Mungkin bagi yang tinggal di Jakarta hal ini gak begitu masalah, karena kita semua tahu infrastruktur telekomunikasi di Indonesia yang paling baik (stabil) adalah di Jakarta. Sedangkan di kota besar yang lain seperti setali tiga uang saja dengan kota tempat saya tinggal Pekanbaru.

Kenapa saya bisa bilang begitu? Karena saya mengalaminya langsung, tidak hanya melihat kesusahan dari teman saya yang memiliki iPhone. Di rumah untuk akses data internet saya menggunakan t*lkoms*l flash unlimited corporate dan sampai sekarang masih sering menghadapi keadaan dimana saya tidak dapat memperoleh sinyal data sama sekali walaupun pas saya cek sinyal untuk menelepon di HP tetap ada, tapi sinyal data pada modem komputer sama sekali tidak ada, sehingga sama sekali tidak bisa melakukan koneksi ke internet. Sekarang saja baru 2 hari berturut-turut saya bisa menggunakan modem saya ini.

Karena ketidakstabilan koneksi data di Indonesia itulah makanya saya merasa lebih “beruntung” jika menggunakan Blackberry dibandingkan menggunakan HP merk lain, karena sistem koneksi Blackberry yang tidak secara langsung ke internet tapi melalui server RIM di Kanada sana sangat meringankan bagi semua pemilik hand held ini karena semua koneksi menuju website-website itu sudah dikompresi oleh server RIM sehingga sangat ringan. Jadi kalau Anda menggunakan Nokia, iPhone atau ponsel lainnya dimana sistem internetnya yang menurut saya menganut paham “bebas” seperti komputer maka sinyal data yang “menyenangkan” adalah apabila bisa mendapatkan sinyal 3G. Kalau Anda mendapatkan sinyal di bawah 3G entah itu EDGE apalagi jika hanya dapat GPRS maka siap-siap saja Anda bakalan kelamaan nunggu loading dibandingkan dengan enjoy menikmati koneksi data internet.

Berbeda dengan Blackberry, dengan koneksi seadanya, misalnya GPRS yang bisa kita dapat, maka kita masih bisa menggunakan fasilitas email dan chatting dengan sangat leluasa, walaupun untuk browsing kita agak lama nunggu memang sih tidak menunggu begitu lama. Jadi intinya untuk koneksi data di Indonesia yang memang masih amit-amit, maka penggunaan Blackberry untuk menunjang pekerjaan dan hiburan adalah sangat tepat. Sekali lagi ini hanya ulasan saya pribadi berdasarkan pengalaman saya saja bukan bermaksud berpromosi ataupun menjelekkan salah satu produk.

Tinggalkan Balasan

