Pengalaman Berpindah Operator Blackberry


Kartu XL dan Simpati

PERTAMA kali saya membeli dan menggunakan Blackberry Onyx saya menggunakan operator telkomsel untuk menunjang BIS pada blackberry saya. Pada saat itu BIS dari simpati telkomsel untuk bulan pertama seharga Rp 120.000,- dan untuk bulan-bulan selanjutnya seharga Rp 150.000,-. Saat itu, salah satu provider blackberry juga yaitu XL sudah menawarkan harga BIS yang jauh lebih murah yaitu Rp 99.000,-. Akhirnya karena saat itu saya tunggu-tunggu BIS telkomsel tidak turun-turun harga, saya beralih ke BIS XL yang berbiaya lebih murah. Dan ternyata pilihan saya tidak keliru, kualitas jaringan XL termasuk bagus, dimana saya jarang mengalami koneksi GPRS dalam artian paling rendah koneksinya adalah EDGE. Padahal ketika masih menggunakan BIS Simpati Telkomsel, koneksi di rumah cuma dapat GPRS. Bahkan ketika saya pulang kampung ke Kandanghaur pun koneksi yang saya terima dari XL adalah EDGE padahal adik saya yang menggunakan BIS Simpati Telkomsel cuma dapat GPRS.

Saat ini untuk berganti operator pada Blackberru sudah tidak seperti dulu lagi dimana pada “zaman dulu” perlu dilakukan release PIN agar blackberry bisa digunakan ketika berganti operator. Apa yang dimaksud dengan release PIN? Release PIN adalah semacam melepaskan PIN dari operator penyedia layanan blackberry. Jika PIN blackberry anda tidak dilepas oleh operator terlebih dahulu maka niscaya anda tidak akan bisa menggunakan blackberry anda jika berganti operator. Kadang dahulu ada sistem “ngakalin” supaya blackberry tetap bisa digunakan walaupun operator berganti, yaitu dengan sistem tendang PIN. Yah, begitulah banyak jalan menuju Roma, he… he…

Saat ini katanya karena RIM sudah menggunakan BIS 3.0 maka kita tidak usah lagi melakukan release PIN segala. Karena PIN sudah melekat ke gadget dan ketika kita berpindah operator kita tinggal masukkan saja kartu SIM yang baru selanjutnya blackberry Anda sudah bisa digunakan. Tapi kemudahan itu tidak serta mudah mudah begitu saja, ada beberapa langkah yang perlu diikuti agar perpindahan operator menjadi lebih maksimal. Langkah ini khususnya ditujukan bagi siapa saja yang menggunakan fasilitas email di blackberrynya. Bagi yang tidak menggunakan fasilitas email maka tinggal ganti kartu saja langsung beres.

Cara berpindah operator yang bener (menurut saya) adalah :

  1. Keluarkan email yang anda miliki dari http://www.provider.blackberry.com. Dalam kasus saya, saya menggunakan 2 buah alamat email yang saya daftarkan di http://www.telkomsel.blackberry.com yaitu zq_clp@yahoo.com dan ahmad.z4k1@gmail.com. Maka saya harus masuk (melalui komputer juga bisa lebih enak lagi) ke http://www.telkomsel.blackberry.com untuk selanjutnya saya harus mendelete kedua email saya dari website itu.
  2. Selanjutnya setelah sukses menghapus email dari website itu, lepaskan kartu SIM Card lama dari Blackberry dan masukkan kartu yang baru. Dalam kasus saya, saya masukkan kartu XL yang baru ke dalam blackberry saya. Selanjutnya saya registrasi kan paket BIS XL yang saya inginkan, dimana saya menggunakan paket BIS bulanan sebesar Rp 99.000,-.
  3. Setelah itu saya masuk ke http://www.xl.blackberry.com untuk mendaftarkan kedua email saya. Setelah saya daftarkan selanjutnya saya kirimkan saja “send service book” hingga saya menerima notifikasi balasan.
  4. Selanjutnya blackberry sudah bisa digunakan. Untuk PIN dalam BBM sih gak ada perubahan yang berarti ketika pindah operator tetap bisa digunakan.

Begitulah langkah-langkah saya ketika berpindah operator penyedia layanan Blackberry. Semoga artikel ini membantu…

3 Komentar to “Pengalaman Berpindah Operator Blackberry”

  1. Pak Zaki, saya mau tanya. Apakah bpk tetap bisa menambah (add) email baru dan menghapus (delete) email yang ada dari handset BB nya? Pengalaman saya berganti operator, menu add dan delete di email setting menjadi hilang ( saya tidak bisa menambah atau menghapus akun email dari handset, dan hanya bisa dilakukan dengan PC ). Saya sempat komplain ke operator sebelumnya tapi mereka menyatakan sekarang sistemnya sdh autorelease, jd tidak bermasalah seharusnya. Saya coba ganti ke operator lama handset kembali normal. Tapi saat menggunakan operator lain, kondisinya kembali spt itu. Apa ada yang salah? mungkin bapak bisa membantu saya. thx

  2. Mau tanya donk jaringan internet untuk wilayah Kandanghaur Indramayu yg bagus apa yah ??
    Saya mau beli modem tapi saya binggung mohon informasinya. . .Mohon di balas k Email saya yah

Tinggalkan Balasan

