Gadget Inceran Berikutnya: iPad…


Aplikasi Calender dalam iPad

KARENA kegemaran saya membaca buku, novel, dan komik yang sampai sekarang masih belum padam, ditambah lagi layar Blackberry saya pandang sudah tidak lagi memadai untuk membaca ebook, maka saya ada keinginan di dalam hati saya untuk memiliki iPad. Kenapa saya menjatuhkan pilihan kepada iPad bukan pada merk lain? Tentu saja ada sebab-sebab lain yang menyebabkan saya memilih ingin membeli iPad.

Pertama adalah dikarenakan saya sudah memiliki iMac yang otomatis untuk masalah konektivitas antar perangkat akan lebih baik lagi karena keduanya diproduksi oleh Apple. Sehingga dengan begini ke depannya untuk export import data akan lebih mudah karena masing-masing diciptakan untuk saling melengkapi.

Kedua adalah karena fiturnya yang lengkap di iPad. Mungkin sebagian orang berpendapat iPad tidak memiliki fitur yang lengkap karena tidak bisa untuk menelepon seperti halnya Samsung Galaxy Tab, dan tidak ada kamera depannya. Tapi yang saya maksud dengan fitur yang lengkap bukan itu, karena kalau sekedar untuk menelepon saya sudah memiliki HP dan Blackberry. Fitur lengkap ini lebih kepada dukungan application yang demikian banyak dan sangat keren. Misalnya applikasi presentasi yang memungkinkan pemiliknya untuk ikut serta berinteraksi tanpa merusak file presentasinya.

Ketiga adalah design interface applikasinya yang benar-benar keren. Saya dari dulu sangat suka dengan desain interface yang keren dan simple, dan Apple memang benar-benar bisa menjawab kebutuhan saya tersebut. Dengan iMac yang saya miliki saja saya sudah benar-benar jatuh cinta menggunakannya karena benar-benar simple semua cara penggunaannya. Apalagi dengan design interface iPad yang menurut saya jauh lebih cool dari pada Mac. Dari design buku alamat, email, calender, ibook dan segalanya benar-benar cantik banget menurut saya.

Samsung Galaxy Tab

Saya sudah lihat-lihat videonya di Youtube untuk merk lain, dan ternyata merk lain masih menjual yang itu-itu saja. Merk lain yang dijual adalah kelebihannya yang di iPad tidak ada, seperti telpon, kamera depan, koneksi USB dan dukungan Flash. Bagi saya yang seperti itu tidak menarik perhatian saya, saya lebih tertarik pada kekayaan applikasi, design interface aplikasi, kemudahan pemakaian dan fungsi-fungsi lain yang mendukungnya. Sehingga gadget yang dibeli nanti benar-benar multi fungsi.

Dari video Youtube tentang iPad, saya sudah melihat kegunaannya yang nantinya benar-benar menarik untuk saya gunakan adalah untuk presentasi, membaca ebook, mengatur jadwal dan kegiatan, mengelola buku alamat, selain kegunaan-kegunaan lainnya. Kegunaan utama nantinya yang benar-benar akan  saya explore secara penuh adalah membaca ebook.

Berbicara tentang ebook khususnya novel dan komik, di internet sendiri saat ini banyak sekali bertebaran website-website yang menawarkan download ebook gratis. Dan ada juga program atau aplikasi yang bisa menkonversi format text atau pdf ke dalam format epub yang bisa dibuka di iPad. Dengan semua ini maka saya sudah membayangkan tidak akan kehabisan bahan bacaan. Tinggal bagaimana saya bisa membuat suatu library yang baik di iMac saya, sehingga saya bisa tahu mana yang sudah pernah saya baca dan mana yang belum. Benar-benar membikin ngiler…

Tapi untuk iPad ini saya tidak akan terburu-buru untuk memilikinya. Di samping karena saat ini saya pun sedang tidak memiliki uang untuk menebus gadget tersebut, saya pun masih punya rasa sabar untuk menunggu hingga iPad 2 muncul dan dijual ke publik. Mudah-mudahan iPad 2 nanti sudah menyematkan kamera di depan dan belakang sehingga sudah mendukung aplikasi face time. Syukur-syukur kalau iPad 2 nanti sudah bisa digunakan untuk menelpon. He… he..

Untuk iPad 2 menurut yang saya baca rencananya bakal diluncurkan di US sana kalau tidak bulan Pebruari 2011 maka akan diluncurkan di bulan April 2011. Sehingga kalkulasi saya paling tidak bakalan sampai ke Indonesia secara resmi pada akhir tahun 2011. Dengan demikian saya masih punya waktu untuk sekian lama mengumpulkan uang untuk membeli iPad 2 ini.

Dan seperti kebiasaan Apple dalam menjual produknya adalah harganya yang sama dengan harga yang lalu tapi dengan spek yang lebih baik. Jadi dengan begitu saya tidak perlu khawatir akan harga iPad 2 ini nantinya, karena bakalan sama saja dengan harga iPad yang sekarang secara resmi sudah masuk ke Indonesia.

Dan berbicara masalah harga, sebenarnya jika produk Apple ini dijual secara resmi langsung ke suatu negara, maka harganya menurut saya hampir sama di seluruh dunia. Paling selisih harganya tidak begitu mencolok. Selisih harga yang mencolok seperti yang dijual di Indonesia ini lebih disebabkan pajak di Indonesia yang demikian besar saja.

Selain itu yang membuat harga melonjak adalah adanya kemitraan eksklusif antara Apple dengan Telkomsel. Kemitraan seperti itu menurut saya membuat harga produk menjadi mahal saja. Coba lihat harga resmi iPad dengan harga iPhone dengan kemitraan demikian jomplang lebih mahal iPhone, padahal harga resmi iPhone tanpa kemitraan di luar negeri di bawah iPad.

Jadi yang membuat iPhone mahal adalah Telkomsel yang memegang kemitraan eksklusif dengan Apple. Coba kalau tidak ada kemitraan-kemitraan seperti ini maka harga iPhone bakalan seperti Blackberry yang terjangkau oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Blackberry yang dijual bebas oleh hampir semua operator di Indonesia membuat produk ini bisa dijangkau masyarakat dan menyebar secara cepat di Indonesia.

Terus terang yang sangat diuntungkan dari mahalnya harga iPhone yang dipatok Telkomsel adalah sebenarnya para pedagang yang mengambil langsung produk iPhone dari luar Indonesia. Mereka bisa mengambil produk dengan harga jauh lebih murah, kemudian dijual di Indonesia dengan harga yang sedikit di bawah harga Telkomsel. Dengan menjual harga sedikit di bawah harga Telkomsel saja mereka sudah bisa bersaing sehingga banyak dilirik orang. Padahal margin keuntungannya sudah demikian besar karena mereka mengambilnya langsung dari negara yang bebas menjual iPhone.

Yah begitulah…. Akhirnya saya hanya bisa bersyukur ternyata iPad yang saya incar tidak diambil kemitraan eksklusif dengan Telkomsel, tapi dijual secara resmi langsung ke Indonesia baik melalui Apple Indonesia di Singapura ataupun melalui reseller-reseller Apple di Indonesia. Kalau diambil kemitraan eksklusif seperti rumor yang semula digembar-gemborkan melalui media internet, maka harganya bakalan jauh lebih mahal dari harga yang ditawarkan sekarang. Dan jika itu yang terjadi, maka otomatis lebih rasional bagi saya untuk memilih Samsung Galaxy Tab atau produk tablet lainnya yang harganya lebih bersahabat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: