Mencoba menjadi Insan Kamil….


TERNYATA sulit juga untuk bersifat sabar dan ikhlas. Benar-benar sulit bagi saya untuk mengamalkan kedua sifat tersebut, apalagi jika saya sudah punya antipati terhadap seseorang bukannya keluar kata-kata yang halus tapi malah keluar kata-kata yang keras. Belum lagi tekanan pekerjaan dan kesibukan bisa membuat saya benar-benar kehilangan kesabaran saya. Misalnya pas lagi sibuk-sibuknya trus ada yang telpon dan si penelepon tidak langsung ke pokok pembicaraan tapi banyak sekali bicara ngalor ngidul ditambah lagi ngomongnya seperti dipikirkan lama banget…. wah seperti itu langsung saja kesabaran saya habis sering saya putus-putus pembicaraan dan langsung saya arahkan apakah ini maksudnya?

Trus hal yang membuat saya hilang kesabaran lagi adalah jika ada orang yang sudah dibilangin trus ngeyel artinya susah sekali untuk dibilangin. Ditambah lagi jika orang yang bersangkutan tubuhnya mengeluarkan bau yang membuat saya mual. Kalau sudah begini rasanya sulit sekali untuk sabar dan ikhlas membantu orang tersebut. Benar-benar susah sekali. Mungkin orang lain melihat saya tetap membantu orang tersebut, tapi saya pribadi jauh di lubuk hati saya membantunya tidak ikhlas tapi hanya ingin agar si orang tersebut segera tidak berada di hadapan saya. Ya Allah ternyata sulit sekali ya ikhlas dan sabar itu….

Jadi untuk satu kata sabar saja rasanya benar-benar sulit sekali apalagi ditambah ikhlas. Tapi saya mencoba untuk merubah diri. Mencoba untuk bisa sabar dan ikhlas atas segala perangai dan tindak tanduk orang-orang di sekeliling saya. Semoga saja saya bisa mengamalkan itu semua dan menjadi insan yang lebih baik lagi.

Hal yang sulit lagi adalah mengerem mulut saya untuk tidak membicarakan orang lain dan tidak membicarakan hal-hal yang buruk. Ini pun rasanya sulit sekali, karena bahan cerita tersebar di sekeliling saya. Dan saya perhatikan diri saya sendiri rasanya tidak ada sehari pun yang benar-benar tidak membicarakan orang lain. Belum lagi sifat iri dengki pada diri saya rasanya walaupun mungkin kadarnya sedikit (menurut penilaian pribadi saya) tapi saya merasakan itu masih tetap ada. Dan saya pun merasa sulit sekali untuk menghilangkan sifat demikian.

Intinya untuk menjadi manusia yang lebih baik, saya musti bisa mengamalkan sifat-sifat :

  1. Sabar
  2. Ikhlas
  3. Bertutur kata baik dan ramah
  4. Jangan bergunjing
  5. Berprasangka baik
  6. Tidak iri hati dan dengki
  7. Tidak sombong dan angkuh

Untuk mengamalkan semuanya benar-benar sulit… tapi semoga saya bisa….

One Comment to “Mencoba menjadi Insan Kamil….”

  1. Semoga apa yang ingin diamalkan benar – benar terwujud. Amain Allahumma Amin.

Tinggalkan Balasan

