Cara Install Peta ke Dalam Garmin Nuvi


SAMPAI saat ini saya sendiri belum bisa menambahkan peta tambahan dalam Garmin Nuvi 2565 LM milik saya. Dalam artian peta yang terdapat pada Garmin saya ada 3 peta, yaitu :

  • City Navigator Indonesia sebagai peta resmi Garmin,
  • Peta Malaysia dan Singapura yang juga peta resmi dari Garmin,
  • Peta Navigasi.net versi 223 yang saya download langsung dari website http://www.navigasi.net

Sebenarnya ada peta bawaan yang terinstall di dalam GPS Garmin Nuvi saya ketika baru membelinya, berupa peta navigasi.net versi yang lama. Tapi sampai saat ini saya belum bisa menambahkan peta tersebut ke dalam [MyMap] GPS Garmin Nuvi saya. Sudah berulang-ulang menggunakan berbagai macam cara dari membuat folder di dalam SD Card hingga membuat folder di dalam memory internal perangkat, tetap saja yang tertampil dalam [MyMap] hanya 3 peta yang saya sebutkan pertama tadi.

Tulisan ini saya sadur dari salah satu blog pada alamat http://permalink.gmane.org/gmane.org.region.indonesia.bandung.itb-77/31317. Tujuan dari penulisan ulang ini lebih pada mengarsipkan hal-hal yang saya anggap penting, sehingga suatu saat nanti jika saya butuhkan tidak terlalu susah bagi saya untuk mencarinya. Silahkan dipelajari dan disimak.

Judul tulisan aslinya adalah : Bagaimana cara menambahkan map di nuvi 205w.

A. Tempat peta diinstall ada 2 pilihan :

(1) Internal memory/RAM Garmin Nuvi

Connect Garmin Nuvi Anda ke PC melalui USB cable. Cable bisa beli di dealer garmin setempat atau pakai kabel ponsel Nokia DKE-2, bisa dilihat di http://www.nokia-asia.com/find-products/accessories/all-accessories/memory-cards-and-cables/cables/nokia-cable-dke-2. Kabel ini bisa dicari di roxymas/roxysquare, yg original sekitar IDR 100 ribu. Bisa ditanyakan sebagai “kabel data untuk nokia E-51”.

Hubungkan kabel ini ke PC Anda, untuk driver windows bisa download dari sini : http://www.nokia-asia.com/get-support-and-software/download-software/cable-drivers.

Sementara kalau pakai linux otomatis terdetect (saya pakai OpenSuSE 11.1 di desktop kantor dan Ubuntu 8.10 di notebook dan PC rumah dan semuanya langsung mengenali kabel ini). Besar dugaan kalau pakai Mac dengan MacOS juga akan langsung terdetect tanpa perlu install driver lagi.

Setelah kabel terdeteksi dengan baik, hubungkan Garmin Nuvi dalam kondisi mati/off ke PC dan hidupkan Garmin Nuvi maka akan muncul external drive yang isinya folder [/garmin].

(2) External memory/RAM (SD card)

Anda bisa beli SD card yang sesuai (mereknya bisa macam-macam SanDisk seperti yang saya pakai atau merek lain seperti Kingston), size range 1 GB – 16 GB (mestinya 4 – 8 GB sdh lbh dari cukup), format card tsb jika perlu. Untuk spesifikasi bisa dilihat di http://www.garmin.com/garmin/cms/site/us/support/searchsupport?search_key=SD+card&Go=Submit.

Create folder bernama “garmin” (tanpa quote) sbg tempat menginstall file-file Garmin (termasuk peta).

Keuntungan dengan SD card adalah bisa diisi/modify tanpa perlu koneksi Garmin unit ke PC, cukup masukkan ke dalam Card Reader slot yang biasanya sudah built in di Notebook (atau tambahan card reader di Desktop PC). Untuk Nuvi 205W yang internal RAMnya besar masih layak menambah peta di internal memory akan tetapi jika pakai Nuvi 200 lebih direkomendasikan install di external SD card.

B. Untuk install peta

(1) Langsung copykan ke folder garmin

Kalau peta yang akan diinstall punya versi yang “executable” (untuk Garmin adalah [*.img]) bisa langsung copykan file ke folder garmin. Bisa dilihat di sini http://www.navigasi.net/gofrm.php?t=776&c=FP

Kalau anda pakai unit Garmin Nuvi, sebetulnya ada cara yang lebih mudah. Nuvi mengenal s/d 5 peta di memory internal, dan 1 peta di memory eksternal dengan nama sbb:

Memory internal:

  1. gmapbmap.img basemap
  2. gmapprom.img preprogram
  3. gmapprom1.img preprogram 1
  4. gmapoem.img oem
  5. gmapsupp.img supplement (internal)

Memory eksternal:

  1. gmapsupp.img supplement (eksternal)

Jadi anda bisa download peta Navigasi.net, direname dari gmapsupp.img menjadi gmapprom.img (atau gmapoem.img), dan dikopikan ke direktori [/GARMIN] di memory internal.

Contohnya utk peta navigasi.net versi 0.66u (publish 22 desember 2008), http://pub.mahawarman.net/peta/navigasinet/%5bGPAv0.66u%5dnavigasi.net.exe. Atau kalau Anda tdk punya OS windows utk ekstrak file diatas bisa download ini http://pub.mahawarman.net/peta/navigasinet/gmapsupp-navigasi066u.rar saat di ekstrak hasilnya file gmapsupp.img.

(2) Menggunakan aplikasi mapsource

Lakukan backup dulu folder /garmin dari internal RAM maupun SD card, just in case problem.

Software ini hanya berjalan under windows. Download Mapsource dari sini http://www8.garmin.com/support/download_details.jsp?id=209. Software ini commercial ware (berbayar), kalau ingin pakai free version installkan dulu Garmin training bisa dilihat pada http://www8.garmin.com/support/collection.jsp?product=999-99999-04.

Selanjutnya baca ini http://www.gpsoz.com.au/tracks4australia/getting_started.htm (tulisan asli dari website ini berbahasa Inggris, saya translate ke Bahasa Indonesia).

(1) Buka program MapSource.

(2) Hubungkan GPS dengan komputer Anda. Tipe hubungan ini bisa berupa kabel serial atau kabel USB Connector. Kabel USB Connector jauh lebih cepat dalam koneksi/transfer datanya, tapi driver kadang kala sedikit susah untuk dikenali.

a) Pastikan perangkat Anda benar-benar terkoneksi dengan PC dengan cara mencoba untuk transfer “Waypoints”ke dalam GPS Anda.
b) Icon Waypoint akan terlihat seperti bendera Golf. Selanjutnya klik di area manapun pada layar monitor untuk membuat sebuah Waypoint.
c) Dari menu pilih [Transfer] selanjutnya [Send to Device] dan pastikan Waypoint tadi terpilih.
d) Klik [OK] dan seharusnya transfer akan segera dilakukan setelah Anda menekan [OK].

(3) Tutup Program MapSource.

(4) Install Peta navigasi.net versi MapSource dari link berikut ini http://pub.mahawarman.net/peta/navigasinet/%5bMPAv0.66u%5dnavigasi.net.exe.

(5) Jalankan program MapSource kembali.

(6) Rubah tampilan peta pada MapSource ke peta Navigasi.net. Anda tidak dapat membuka peta secara langsung, tapi akan mengikuti proses yang ada pada program MapSource sebagai berikut :

a) Dari tampilan menu bar pilih [View] selanjutnya [Switch to Product],
b) Anda sekarang akan melihat peta navigasi.net yang diinstal pada layar monitor.

(7) Sekarang Anda memiliki peta navigasi.net pada komputer tetapi tidak pada GPS Anda.

(8) Untuk mentransfer peta pada GPS Anda :

a) Dari toolbar yang ada pada MapSource, pilih [map tool] dengan mouse Anda. Icon [map tool] terlihat berupa gambar poligon dengan 5 sisi.
b) Sementara menekan tombol kiri mouse pilih SEMUA peta yang akan Anda transfer. Anda tidak perlu untuk menguraikan secara tepat peta yang berada pada layar dan jika Anda mengklik bagian manapun dari layar, maka akan merubah warna sedikit.
c) Ada catatan di panel sebelah kiri di bawah tab peta, Anda akan melihat daftar dari Peta yang muncul. Gunakan tombol Delete jika Anda memilih peta yang tidak diperlukan. Tidak akan ada masalah.

(9) Setelah memilih peta yang Anda perlukan, pastikan GPS Anda masih terhubung dengan komputer Anda baik melalui kabel serial atau USB. Seperti yang saya katakan sebelumnya, USB jauh lebih cepat tetapi driver kadang-kadang sedikit susah untuk dikenali.

(10) Selanjutnya transfer peta ke dalam GPS Anda dengan 2 langkah :

Jika Anda akan melakukan transfer peta ke GPS Anda, rubah nama file terlebih dahulu pada [/garmin/gmapsupp.img] ke nama lain, sebagai contoh [gmapsupp-original.img] karena proses transfer akan menimpa file ini. Anda dapat membuat pengaturan nama file ini selanjutnya.

a) Gunakan icon yang terlihat seperti anak panah yang menunjuk pada GPS. Atau
b) Dari menu pilih [Transfer] selanjutnya [Send to Device] dan pastikan Map telah semuanya tercontreng.
c) Proses ini akan berjalan beberapa menit sekitar 30 menit-an tergantung dari tipe koneksi yang digunakan apakah USB atau Serial. Anda akan mendapatkan beberapa indikator apa yang terjadi pada komputer Anda dan layar GPS Anda.

(11) Maaf jika ini terdengar sedikit rumit tetapi semua langkah ini merupakan proses pada Garmin bukan dari saya secara pribadi. Tetapi instruksi yang mereka berikan sangat sedikit padahal proses ini sebenarnya benar-benar mudah jika Anda mengikuti instruksi dari depan komputer Anda.

Ditulis oleh: Syafril Hermansyah.

Demikian cara install map ke dalam GPS Garmin Nuvi 205w. Cara ini belum sempat saya coba pada GPS Garmin Nuvi 2565 LM. Akan saya coba nanti ketika Garmin saya kembali dari reparasi akibat hilangnya file system.

Pekanbaru, 05 Mei 2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: