Geokuliner, Website Bagi Pencinta Makanan


BEBERAPA hari yang lalu saya dihubungi teman kuliah saya dan dia menginformasikan bahwa dia dan kawan-kawannya sedang mengembangkan website yang menginformasikan tentang tempat-tempat makan di Indonesia yang berbasiskan lokasi atau peta. Dalam pembicaraan via chatting ini kami bertukar informasi dan kesan-kesan tentang website yang dibentuk oleh dia dan kawan-kawan. Website yang mereka luncurkan saat ini masih dalam taraf Beta tapi sudah bisa diakses dengan alamat : http://www.geokuliner.com dengan tampilan seperti pada gambar di bawah ini.

Terlihat dari home geokuliner.com yang saya tampilkan masih terdapat bug, dimana peta yang seharus tampil saat saya buka website ini tidak bisa tampil dengan sempurna. Jika website ini bisa jalan dengan sempurna, maka selain peta akan muncul pada tile website, juga ketika kita mengetikkan kota atau daerah pada fitur searching kita akan diarahkan pada tempat-tempat makan yang berada seputaran kota / daerah yang kita ketikkan tersebut.

Website ini juga saat ini dalam pengembangan untuk tampilan mobile-nya dan sudah bisa diakses dengan menggunakan perangkat iOS dan Android. Alamat mobilenya bisa dilihat di http://geokuliner/mobile.

Adapun halaman yang ada pada website ini terbagi menjadi 5 halaman, yaitu :

  1. Resto,
  2. Kafe,
  3. Toko Makanan,
  4. Jajanan, dan
  5. Warung.

Tampilan dari halaman pada website ini terlihat seperti gambar di bawah ini.

Masing-masing dari halaman terbagi lagi menjadi kriteria-kriteria tertentu seperti untuk Resto kriterianya adalah :

  1. Semua,
  2. Asia,
  3. Cemilan,
  4. Eropa/Amerika,
  5. Fast Food,
  6. Italy,
  7. Mandarin,
  8. Minuman,
  9. Roti/Kue,
  10. Seafood, dan
  11. Tradisional Indonesia.

Dan jika kita klik pada resto yang akan kita lihat pada website ini akan muncul tampilan seperti di bawah ini.

Nah inilah tampilan jika kita memilih salah satu resto pada website Geokuliner.com. Dan secara kebetulan saya memilih resto yang tampil adalah resto hasil sumbangan saya pada website Geokuliner.com.

Untuk saat ini kontributor alias orang yang bisa mengisi artikel resto pada website geokuliner.com ini sifatnya masih terbatas. Dalam artian kontributor bersifat undangan dari member atau anggota dari geokuliner.com. Dan untungnya saya sudah diundang oleh rekan saya selaku salah satu member dari geokuliner.com sehingga bisa ikut berpartisipasi untuk menambah perbendaharaan tempat jajan di Indonesia.

Satu hal yang perlu dicatat, walaupun Anda sudah menjadi kontributor dari website ini, artikel yang Anda tulis tidak serta merta bisa tampil dalam website ini sebelum ada approval dari Admin pemilik situs ini. Jadi otentifikasi dari artikel yang diluncurkan sedikit terjaga.

Demikian sekelumit cerita tentang website jajanan yang berbasiskan geo lokasi bumi. Terima kasih.

 

Pekanbaru, 05 Mei 2012

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: