Mimpi Gigi Geraham Belakang Bawah Tanggal


TIDAK BISA dipungkiri hidup ini tidak bakalan lepas dari budaya-budaya pagan yang sudah mendarah daging dalam budaya dan tradisi kita. Salah satu budaya pagan tersebut adalah mempercayai mimpi. Mimpi adalah bunga tidur. Kadang mimpi bercerita hal di luar nalar kita. Okelah kita tidak akan membahas lebih lanjut masalah apa yang dimaksud dengan mimpi. Tapi yang jelas saya pribadi pun sepertinya terpengaruh dengan budaya pagan ini. Apakah itu?

Malam tadi saya bermimpi gigi graham bagian bawah kiri di sebelah belakang saya tanggal. Dalam mimpi itu saya benar-benar merasakan seperti nyata bahwa gigi itu tanggal. Tapi yang aneh adalah ketika saya perhatikan gigi itu yang sudah tanggal dan saya pegang, bukannya seperti gigi graham malah seperti gigi biasa yang kecil.

Bangun dari tidur saya berfikir-fikir…. akhirnya balik lagi saya ke budaya pagan akan arti mimpi jika gigi tanggal adalah bahwa akan ada anggota keluarga yang meninggal dunia. Ini yang membuat saya merinding mengingatnya. Walaupun sekuat upaya untuk tidak memikirkan hal ini dan menganggap hal itu hanya sekedar mimpi dan bunganya tidur semata, tapi budaya pagan yang mengkait-kaitkan mimpi dengan realita hidup akhirnya saya lakukan juga.

Dan kalau saya kaitkan dengan apa yang terjadi di lingkungan saya di tahun 2010 ini, memang banyak sekali kematian bagi orang-orang yang dekat dengan kehidupan saya. Ada rekan kantor saya, ada keluarganya rekan kantor saya, belum lagi kematian orang-orang terkenal seperti Gesang, Mama Lorens, dan lain-lain.

Semoga saja hal-hal buruk itu tidak terjadi. Tapi yang jelas hal ini sudah membuat saya menjadi tidak enak hati….