Saat ini adalah saat yang tepat untuk membeli iPhone bukan iPad


KEMAREN tepatnya tanggal 7 Juni 2010 secara resmi Apple memperkenalkan iPhone 4 pada acara Konferensi Developer Dunia 2010. Berbicara mengenai iPhone yang baru, saya sarankan ini adalah produk yang bagus untuk dimiliki bagi yang belum memilikinya dibandingkan produk iPad. Kenapa produk ini saya bilang bagus untuk dimiliki dibandingkan iPad? Karena produk ini sudah menyematkan fitur-fitur yang terbaik untuk saat ini walaupun masih ada beberapa fitur yang menurut saya perlu ditambahkan.

Apa saja fitur yang bagus itu adalah :

  1. Dibandingkan pendahulunya, iPhone 4 memiliki desain yang lebih ramping dari bahan stainless steel dengan layar tahan goresan. Desain yang ramping juga ada pada iPad sehingga bentuk dari iPad sangat menggiurkan dan futuristic.
  2. Adanya kamera sisi depan dengan kualitas VGA untuk fasilitas video chat dengan menggunakan WiFi dan kamera belakang untuk memotret dengan kualitas 5 MP yang sudah tentu dengan salah satu fitur andalannya yang bisa memilih sendiri titik focus yang diinginkan. Dalam iPad hal ini belum disematkan, padahal fitur ini sudah disematkan dalam iPhone dan gadget-gadget yang lain. Makanya saya sarankan tunda dulu membeli iPad hingga keluar generasi berikutnya yang mudah-mudahan saja fitur ini sudah disematkan.
  3. iPhone 4 juga telah menggunakan A4 prosesor (sama dengan yang dimiliki oleh iPad) sehingga memiliki kecepatan lebih tinggi dibandingkan iPhone pendahulunya serta mampu membuka beberapa aplikasi dalam waktu bersamaan. Karena menggunakan processor yang bisa dibilang sama dengan iPad maka iPhone ini layak untuk dibeli karena processor ini terbukti memiliki kecepatan yang tinggi dengan tetap memiliki frekuensi kerja yang kecil sehingga sangat bagus dalam daya tahan baterai.
  4. Selain dikarenakan sudah menggunakan A4 prosesor iPhone versi ini juga telah memperbaiki teknologi baterai sehingga bisa bertahan lebih lama. Baterai dapat digunakan untuk 7 jam bicara, 6 jam jelajah internet dengan 3G, 10 jam jelajah internet dengan Wi-Fi, dan 300 jam (12,5 hari atau hampir 2 minggu an) dengan kondisi standby. Ini sudah dibilang peningkatan yang cukup signifikan dari segi daya tahan baterai. Dulu saya pernah memakai PDA O2 XDA Atom yang baterainya setiap hari musti di-charge. Dan setelah saya menggunakan Nokia E71 saya merasa benar-benar nyaman karena baterainya bisa bertahan dalam kondisi standby hingga hamper satu minggu. Nah iPhone mengklaim bisa standby hingga hampir 2 minggu-an bukannya ini suatu hal yang hebat? Kalo dibandingkan iPad saya rasa satu dua saja, dimana baterai iPad bisa bertahan hingga 1 bulan-an.
  5. Adanya fitur ibook atau fitur untuk membaca buku elektronik sama dengan fitur yang dimiliki oleh iPad, sehingga dengan arah trend teknologi saat ini yang sepertinya ebook dan sejenisnya akan booming, maka sudah sepatutnya kita memiliki satu gadget yang dapat mendukung teknologi ini.
  6. Satu hal lagi yang benar-benar membuat saya tertarik adalah fitur display pada iPhone 4 ini sudah mengadopsi display IPS seperti halnya iPad ataupun iMac yang oleh pihak Apple disebut dengan istilah Retina Display. Dan saya pribadi sudah memiliki iMac dan bisa menyatakan dengan pasti bahwa layar iMac ini benar-benar tajam dan terang beda dengan layar-layar LCD komputer biasa. Sehingga apabila iPhone menggunakan system layar yang sama dengan iMac maka bisa dipastikan ketajaman layar ini di atas gadget-gadget yang lain. Padahal Nokia E71 yang saya miliki saat ini saja saya pandang layarnya sudah sangat tajam, apalagi iPhone 4 yang sudah mengadopsi layar IPS sudah pasti layarnya lebih tajam lagi.

Jadi dengan fitur-fitur unggulan di atas sudah selayaknya menurut saya untuk membeli gadget itu. Sedangkan untuk iPad nanti dulu menunggu release generasi berikutnya yang mudah-mudahan saja pihak Apple berbaik hati untuk :

  1. Menyematkan kamera, syukur-syukur kamera yang disematkan 2 buah di depan dan di belakang.
  2. Menyematkan port USB untuk kemudahan perpindahan data dari gadget ke komputer atau sebaliknya.
  3. Menyematkan kemampuan untuk menelepon dan SMS sama seperti kemampuan yang dimiliki iPhone 4.
  4. Menyematkan kemampuan untuk printing dokumen . Kemampuan ini pun sebenarnya tak ada salahnya untuk disematkan pada iPhone baik via Wifi ataupun via port USB.

Saya rasa dengan 4 kemampuan baru di atas, saya tidak akan berfikir panjang untuk memiliki iPad. Jadi untuk saat ini saya rasa hal terbaik yang bisa saya lakukan adalah menunggu di tahun-tahun berikutnya mudah-mudahan iPad release selanjutnya menyematkan 4 kemampuan di atas. Dan untuk sekarang saya sarankan lebih baik Anda membeli iPhone 4 karena iPhone 4 saat ini adalah gadget yang bukan saja indah tapi juga memiliki tampilan layar yang tajam jauh di atas gadget-gadget yang bertebaran di pasaran.

Iklan
Tag: ,

11 Komentar to “Saat ini adalah saat yang tepat untuk membeli iPhone bukan iPad”

  1. iPhone 4 itu pake microsimcard kan?
    di Indonesia belum ada simcard ukuran micro tuh… kaga bisa dipake nih kalo gitu.. emang sih bisa diakali dengan menggunting sisi-sisi minisim, tp ga sreg di hati

    • Dia memang memakai micro SIM Card sama dengan iPad. Tapi bukannya tidak bisa dipakai?? Bisa dipakai. Kan ada caranya memotong mini SIM Card supaya pas ukurannya dengan Micro SIM Card. Baca saja caranya di Kaskus tuh ada, yang penting dua garis di Mini SIM Card tuh harus sejajar dengan dua garis di Rencana Micro SIM Card.. Tapi kalo pihak provider mau menjual iPad atau iPhone 4 maka bisa dipastikan bakalan dibuat micro SIM Card, ya… kita tinggal tukar saja.. Salam.

  2. beliin gw dong!
    hahahaha
    visit ya mass

  3. kira-kira kapan di indonesia di pasarkannya???
    harganya kisaran berapa ya???

  4. Pertama, saya mau tanya buat apa kamera belakang buat iPad? saya pikir Apple tidak sekonyol itu.
    coba anda pikir, apa ga terlihat aneh kalo kita memotret dengan tablet seukuran iPad?
    Menurut saya org normal tidak melakukan itu.

    Ke 2 Apakah anda tau dgn Camera connection kit buat iPad? saya sudah punya, dan iPad saya bisa baca flash disk saya.

    Ke 3 Sama dgn nomor satu, saya pikir juga org normal tidak akan mendekatkan iPad ke telinga buat terima telp.Kalo Apple membuat iPad bisa telp terus saya tanya apa dong kegunaan iPhone? (tambahan) saat ini iPad saya uda bisa kirim dan terima sms.

    Ke 4 Sudah ada applikasinya. Print dokumen langsung lewat wifi ke printer. cek di AppStore

    • Nih saya ingin bahas satu per satu ya….
      Pertama: Saat ini adanya kamera di depan dan belakang suatu gadget adalah suatu hal yang mutlak ada. Dalam hal ini iPad sudah kalah selangkah dengan Samsung Galaxy Tab. Nah fungsi kamera belakang bagi saya bukan untuk memotret, karena apa? sampai dengan saat ini saya belum bisa mempercayai mengambil foto dengan gadget, baik itu handphone ataupun yang lainnya. Untuk memotret saya tetap lebih percaya pada kamera digital yang memang dibuat untuk memotret. Kamera gadget saya gunakan untuk memotret apabila saya tidak membawa kamera digital, dan itupun hampir sebagian besar hasilnya tidak pernah memuaskan saya. Dari kamera Nokia yang noise nya sangat besar sampai dengan kamera blackberry yang saya merasa lambat untuk fokus dan pengambilan gambar. Jadi, apa fungsi kamera belakang menurut saya? Menurut saya fungsi yang paling cocok untuk kamera belakang tidak lain dan tidak bukan adalah untuk mendukung voice call yang pihak Apple sendiri sudah mengeluarkan software Face Time sebagai salah satu dukungan penuh komunikasi video antar gadget produksi Apple. Face time ini dulu baru bisa diaplikasikan pada iPhone4 dimana pemilik iPhone4 bisa berkomunikasi dengan memanfaatkan fasilitas di kamera depan untuk melihat wajah penelepon dan kamera belakang untuk melihat lingkungan sekeliling si penelepon. Dan untuk ke depannya Face Time oleh Apple akan dibuka untuk produk-produk apple yang lain, sehingga Macbook, Macbook Pro, iMac, iPad dan iPhone serta produk lainnya bakalan dapat berkomunikasi memanfaatkan Wifi dan program Face Time ini. Jadi saya melihat ke depannya iPad bakalan dibekali kamera depan dan belakang.
      Kedua: Memang benar ada Camera Connection Kid untuk iPad, tapi bagi saya ini adalah suatu hal yang boros dan tidak simple. Menurut saya gadget tuh harus memiliki sifat full utility, sehingga keberadaan perangkat tambahan akan menambah ribet suatu gadget. Jadi hal yang sudah orang lain biasa gunakan seperti kamera dan port USB sudah sepantasnya ada untuk kemudahan pertukaran data pemakainya, karena tidak semua orang menggunakan iPad. Yang kedua ini sudah jelas kalah dengan Samsung Galaxy Tab dan Plybook dari Blackberry yang cerdik mengambil “kelemahan” dari suatu produk.
      Ketiga: Memang benar orang normal tidak akan mendekatkan iPad ke telinganya. Tapi tetap saja fungsi telpon itu seharusnya mutlak ada pada perangkat iPad. Dan saya melihat ini pun sudah kalah satu langkah dengan Samsung Galaxy Tab yang bisa digunakan untuk menelepon. Tidak mungkin kan sebegitu besarnya Samsung Galaxy Tab didekatkan ke telinga?? Untuk itulah dibutuhkan earplug alias headphone untuk memudahkan komunikasi di iPad / Samsung Galaxy Tab ini. Sehingga kita yang menggunakannya tidak ribet, masa untuk nelpon saja kita masih harus keluarkan handphone? Dan kalau suatu gadget sudah bisa untuk menelepon sudah pasti untuk urusan SMS tidak akan ada kendala.
      Keempat: Kalau print dokumen via Wifi memang saya akui sudah bisa, cuma yang saya maksud di sini adalah print dokumen langsung tidak via Wifi. Kenapa? Karena kebanyakan printer saat ini yang ada di kantor belum mendukung Wifi. Masa sih pas saya mau ngeprint dari iPad saya musti pulang dulu ke rumah karena di kantor printernya tidak ada Wifinya? Nah di sini keberadaan USB port sangat diperlukan, karena apa? JIka ada USB port pada iPad saya yakin iPad pun bisa digunakan untuk printing langsung ke Printer lokal yang tidak ada Wifinya. Karena hampir kebanyakan printer saat ini menggunakan fasilitas USB port untuk komunikasi printingnya. Sedangkan untuk printer Wifi saat ini kisaran harganya bagi saya masih belum masuk akal…

      Demikian penjelasan saya, terima kasih….. Salam,

      • Bukannya kita bisa memanfaatkan Camera Connection Kid ini buat mencopy file yang mau kita Print ke Flashdisk?
        Saya biasa memanfaatkan fitur ini.
        Waktu mau edit word dijalan juga ga kesulitan, karna iPad uda bisa bertukar file dgn Flashdisk.
        Sangat memudahkan menurut saya.

        Barusan kemarin sempat pegang Galaxy Tab punya teman, tapi kenapa ngerasa aneh ya, seperti ngak menemukan feel, beda waktu pertama memegang iPad?

        Saya pikir kadang bukan masalah Hardware mau secanggih apapun dibanding iPad, tapi lebih kepada OS dalamnya.
        Misalnya begini, kalo kita uda cocok menggunakan Windows, mau itu laptop/PC secanggih apapun tapi kalo bukan isi Windows apa gunanya buat kita?
        Sama halnya bandingan iPad dgn Galaxy Tab ini.

        Saya bahkan benar2 yakin Galaxy Tab kedepannya “Ngak bakalan” bisa setenar iPad, wong namanya aja “peniru iPad” 🙂

      • Memang kita bisa memanfaatkan Camera Connection Kit untuk mengcopy file ke dalam Flash Disk untuk selanjutnya diprint di komputer. Tapi cara ini masih terbilang tidak sederhana kalau tidak bisa dibilang sedikit ribet. Mustinya menyematkan paling tidak satu port USB untuk kemudahan printing dokumen. Tapi memang sih walaupun seandainya sudah ada port USB pun di dalam iPad, iPad masih belum bisa printing dokumen karena OS nya belum mendukung untuk ini. Untuk itulah makanya saya cenderung “menunggu” penyempurnaan dari produk ini. Saya yakin dengan berlomba-lombanya produsen lain menciptakan komputer tablet, maka Apple akan semakin terus berbenah yang akhirnya bakalan menciptakan produk yang jauh lebih baik dari produk yang sekarang.
        Hal ini kan pernah terjadi. Ingat tidak dengan ketika Apple pertama kali menciptakan iPhone dimana dalam iPhone tidak ditemukan fungsi Copy dan Paste padahal produk kompetitor sudah mendukung fungsi ini. Akhirnya Apple berbenah dan fungsi ini akhirnya ada di iOS iPhone berikutnya.
        Jadi secara pribadi saya sangat bersyukur dengan munculnya kompetitor ini seperti Samsung Galaxy Tab yang menggunakan OS Android, Blackberry dengan Plybook nya dan yang lain-lainnya kelihatannya mulai menyusul. Karena apa? Karena akan muncul persaingan yang nantinya yang diuntungkan adalah konsumen. Produsen-produsen lain saat ini jeli untuk melihat fitur apa yang tidak ada pada iPad, dan mereka menyematkan fitur itu pada produk mereka. Jadi apabila fitur ini akhirnya jadi standar, maka bukan tidak mungkin esok lusa Apple menciptakan iPad dengan fitur yang sebelumnya tidak mereka sematkan. Semoga saja demikian…
        Memang untuk masalah kenyamanan pengoperasian tergantung subyektifitas seseorang. Dan saya akui produk-produk Apple sangat canggih dan sangat nyaman untuk digunakan. iMac saya saja benar-benar saya suka, karena apa? Karena segalanya seolah-olah menjadi lebih mudah dengan menggunakan iMac. Saat ini saja saya lagi menyusun lagu menambahkan artisnya siapa, albumnya apa, jenis musiknya apa, dan lain-lain. Dan itu semua sangat mudah saya lakukan dengan iMac melalui program iTunes. Kalau menggunakan windows saya tidak tahu musti pakai program apa untuk menyusun seperti itu.

  5. Thank’sinfo nya gan !!! /… jadi pengen beli iphone 4, tapi kayaknya harus nabung dulu nie … hehehehehehe !!!

  6. I just dropped by to learn about this place. It seems to
    be really full of great content and I had a good
    time reading it, thank you very much for the good writing!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: